Aug 5, 2010

Solar Tsunami " Tsunami Matahari" picture and video


solar_t.mov

Sebuah tembakan "mug" dari gelombang matahari koronal: Sebuah video singkat yang menunjukkan urutan pengamatan dari stereo Behind ("SC B") dan depan ("SC B") dari peristiwa gelombang koronal. Dibalik stereo (kiri) melihat gelombang "wajah penuh," atau kepala sedangkan, stereo kanan () mendapat profil; dua pesawat luar angkasa hanya lebih dari 90 ° terpisah pada saat itu. Bagian abu-abu gambar dibentuk dengan mengurangi gambar berturut-turut pasangan dari Secchi Extreme Ultraviolet Imager (EUVI) diambil sebagai garis emisi dari sebelas-kali terionisasi besi di 195 Å, dan karakteristik plasma 1,5 juta Kelvin. Tabel warna hijau-putih memperlihatkan sebagian dari bidang pandang coronagraph COR1 Secchi terlihat-cahaya, yang merekam cahaya dari permukaan Matahari yang tersebar dari elektron bebas dalam korona matahari sangat terionisasi.







Stereo depan ("STA") dan belakang ("STB") dilihat dari gelombang event.The koronal belakang dilihat wahana (bawah) menunjukkan gelombang memperluas lebih banyak dari belahan surya yang terlihat dari pesawat, sementara pesawat depan (atas) menunjukkan memperluas coronal mass ejection (CME) gelembung EUVI meninggalkan bidang pandang (perbedaan gambar abu-abu) dan memasuki bidang COR1 pandang (gambar hijau).









Foto Matahari dari stereo Behind ("STB") dan depan ("STA") pesawat ruang angkasa Secchi Extreme Ultraviolet Imager (EUVI) instrumen, diperoleh pada tanggal 13 Februari 2009, di garis spektral terbentuk 1,5 juta Kelvin. Orbit pesawat ruang angkasa Matahari hanya dalam (depan) dan luar (belakang) orbit bumi; pada bulan Februari, mereka 90 ° terpisah, sehingga Dibalik mampu mengamati daerah aktif kotak hampir di pusat disk, sementara Ahead melihatnya di dahan , atau tepi Matahari.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment