Aug 5, 2010

Solar Storm Warning

Seperti tenang sebelum badai.

Baru-baru ini peneliti mengumumkan bahwa badai akan datang - surya maksimum yang paling kuat dalam lima puluh tahun. prediksi ini berasal dari sebuah tim yang dipimpin oleh Mausumi Dikpati dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional (NCAR). "Siklus sunspot berikutnya akan 30% sampai 50% lebih kuat dari sebelumnya," katanya. Jika benar, tahun-tahun mendatang dapat menghasilkan ledakan aktivitas matahari kedua setelah Max Solar bersejarah tahun 1958.
Intense aurora

Itu maksimum solar. Era Space baru saja dimulai: Sputnik diluncurkan pada Oktober 1957 dan Explorer 1 (satelit pertama AS) di Januari 1958. Pada tahun 1958 Anda tidak bisa mengatakan bahwa badai matahari sedang berlangsung dengan melihat di bar-bar di ponsel Anda, ponsel tidak ada. Meskipun demikian, orang tahu sesuatu yang besar sedang terjadi ketika Cahaya Utara itu terlihat tiga kali di Meksiko. Maksimal yang sama sekarang akan diperhatikan oleh efeknya pada ponsel, GPS, satelit cuaca dan banyak teknologi modern lainnya.

Kanan: aurora Intense lebih dari Fairbanks, Alaska, pada tahun 1958. [More]


prediksi Dikpati adalah belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam hampir dua abad sejak siklus sunspot 11 tahun ditemukan, para ilmuwan telah berjuang untuk memprediksi ukuran maxima masa depan - dan gagal. Solar maxima dapat intens, seperti pada tahun 1958, atau hampir tidak terdeteksi, seperti pada 1805, tidak mematuhi pola jelas.

Kunci misteri ini, Dikpati menyadari tahun yang lalu, adalah Sabuk berjalan pada matahari.

Kami punya sesuatu yang sama di Bumi - Great Ocean Conveyor Belt, dipopulerkan di film sci-fi The Day After Tomorrow. Ini adalah jaringan arus yang membawa air dan panas dari samudra ke samudra - lihat diagram di bawah ini. Dalam film ini, Belt Conveyor berhenti dan melemparkan cuaca dunia ke dalam kekacauan.


Above: Earth's Great Ocean Conveyor Belt. [More]

ban berjalan matahari adalah arus, bukan dari air, tetapi melakukan elektrik-gas. Mengalir dalam loop dari ekuator matahari untuk kutub dan kembali lagi. Sama seperti Great Ocean Conveyor Belt kontrol cuaca di Bumi, ini ban berjalan surya kontrol cuaca pada matahari. Secara khusus, ia mengendalikan siklus sunspot.

Solar fisikawan David Hathaway Nasional Ruang Angkasa dan Teknologi Center (NSSTC) menjelaskan: "Pertama, ingat apa yang sunspots - knot kusut magnet yang dihasilkan oleh dinamo batin matahari sunspot khas A hanya ada untuk beberapa minggu.. Kemudian meluruh , meninggalkan 'mayat' dari medan magnet yang lemah. "

Masukkan ban berjalan.
medan magnet diagram untuk matahari

"Bagian atas ban berjalan skims permukaan matahari, menyapu medan magnet tua, sunspots mati. The 'mayat' yang menyeret ke bawah di kutub sampai kedalaman 200.000 km mana dinamo magnetik matahari dapat memperkuat mereka. Setelah mayat (knot magnetik) adalah reinkarnasi (amplifikasi), mereka menjadi ringan dan melayang kembali ke permukaan. " jadilah - sunspots baru!

Kanan: besar matahari belt conveyor. magnetic field diagram for the sun

Semua ini terjadi dengan kelambatan besar. "Dibutuhkan sekitar 40 tahun untuk ikat pinggang untuk menyelesaikan satu loop," kata Hathaway. Kecepatan bervariasi "mana saja dari kecepatan 50-tahun (lambat) untuk kecepatan 30-tahun (cepat)."

Ketika sabuk itu sudah berubah "cepat," berarti bahwa banyak medan magnet sedang menyapu, dan bahwa siklus sunspot masa depan akan menjadi kuat. Ini adalah dasar untuk meramalkan: "sabuk itu berputar cepat di 1986-1996," kata Hathaway. "Medan magnet Lama menyapu kemudian harus kembali muncul sebagai bintik matahari besar pada 2010-2011."

Seperti kebanyakan ahli di lapangan, Hathaway memiliki keyakinan dalam model ban berjalan dan setuju dengan Dikpati bahwa maksimum surya berikutnya harus doozy seorang. Tapi dia tidak setuju dengan satu poin. ramalan Dikpati's menempatkan Solar Max pada 2012. Hathaway yakin ini akan tiba lebih cepat, pada tahun 2010 atau 2011.

"Sejarah menunjukkan bahwa jalan siklus sunspot besar 'up' lebih cepat dari yang kecil," katanya. "Saya berharap untuk melihat sunspots pertama dari siklus berikutnya muncul pada akhir 2006 atau 2007 - dan Solar Max akan berlangsung pada tahun 2010 atau 2011."

Siapa yang benar? Waktu akan akan menjawab. bagaimanapun juga , badai akan datang.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment