Aug 29, 2010

TIPS DAN TRIK DALAM BERIKLAN

TIPS DAN TRIK DALAM BERIKLAN

Iklan dapat memakan biaya yang cukup mahal dan semua bisnis yang mengiklankan diri untuk pertama kalinya harus mempertimbangkan metode-metode yang efektif dalam arti biaya. Anda harus menentukan anggaran yang sesuai dalam rencana bisnis anda. Gunakan anggaran tersebut untuk memonitor efektivitas dan pengendalian biaya.

Semua bisnis membutuhkan iklan. Komentar konsumen mengenai produk kita adalah iklan, walaupun hal ini tidak dapat dikendalikan atau direncanakan. Iklan juga melibatkan faktor image atau kesan. Bisnis harus menentukan kesan apakah yang ingin mereka presentasikan, misalnya kesan trendy, rapi, sedikit mewah, dan lain-lain. Cara utama untuk menampilkan kesan adalah melalui iklan.

Iklan tersedia dalam berbagai bentuk. Dua tipe utama dari iklan yang sesuai untuk bisnis kecil adalah iklan cetak (leaflet, poster, koran, atau majalah -jangan lupa pentingnya kartu nama), dan surat-menyurat langsung.

Iklan cetak

Pertimbangkanlah secara seksama mengenai bagaimana anda akan melakukan lay-out atau merancang iklan cetak anda. Iklan cetak dapat dibagi menjadi tiga bagian: ilustrasi, headline, dan teks. Ilustrasi adalah bagian yang menarik perhatian, sehingga apabila mungkin, anda perlu memasukkan ilustrasi ke dalam iklan anda. Headline harus menarik, tidak harus pendek (anda dapat mencantumkan 10 kata) dan harus mengarah pada target pembaca tertentu. Teks harus dapat menjual produk/jasa anda dan mengundang tanggapan (cantumkan nomor telepon, alamat, formulir untuk diisi, dan lain-lain). Teks harus ditulis dengan jelas dan dalam kalimat-kalimat pendek.
Lay-out atau desain adalah faktor yang penting. Pembaca biasanya membaca dari bawah ke atas, sehingga tulislah hal-hal yang paling menarik di awal teks. Dengan urutan ini, iklan anda memiliki kemungkinan besar untuk dibaca.

Anda harus mempromosikan nilai jual unik produk atau jasa anda. Jelaskan bahwa produk/jasa anda lain dari yang lain. Konsumen akan tertarik terhadap manfaat-manfaatnya, sehingga anda perlu mengungkapkannya dengan jelas dalam iklan anda.
Iklan dapat dirancang agar dapat lebih efektif dengan menggunakan format AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action):

  • Attention atau perhatian - sesuatu yang menangkap pandangan konsumen;
  • Interest atau minat - sebutkan beberapa karakteristik produk atau jasa anda;
  • Desire atau keinginan - jelaskan manfaat-manfaatnya kepada konsumen; dan,
  • Action - jelaskan bagaimana dan di mana mereka dapat menghubungi anda.
  • Kelebihan dan kelemahan tipe-tipe media iklan dijelaskan di tabel berikut ini.

MEMILIH MEDIA YANG TEPAT

KELEBIHAN

KEKURANGAN

MEDIA CETAK LOKAL

· Sirkulasi lokal yang cukup luas

· Frekuensi dan Kecepatan tanggapan

· Relatif murah

· Dapat dicari dengan cepat

· Iklan baris dapat digunakan sebagai direktori

· Tidak spesifik, jumlah pembaca yang menurun

· Kurang warna

· Jangka pendek

· Dibaca secara tergesa-gesa

· Iklan anda bisa tenggelam di antara iklan lain yang serupa

MEDIA CETAK CUMA-CUMA

· Murah

· Lokal

· Sering tidak dibaca

· Kurang warna

MEDIA CETAK NASIONAL

· Sirkulasi luasDapat dilihat secara cepat

· Murah

· Bermanfaat bagi bisnis kecil apabila bisnis tersebut menyediakan produk atau jasa khusus untuk seluruh negeri

· Pembaca yang tidak spesifik

· Sangat mahal

· Jangka pendek

· Kurang warna

MAJALAH KONSUMEN

· Sirkulasi luas

· Berpindah-pindah tangan di antara pembaca

· Tersedia dalam warna

· Jangka waktu yang relatif panjang

· Dibaca di waktu luang

· Mahal

· Distant copy dates

· Dipenuhi oleh iklan perusahaan besar yang mahal

JURNAL PERDAGANGAN KHUSUS

· Pembaca yang teridentifikasi

· Dapat dilihat dengan cepat

· Tersedia layanan pembaca

· Dibaca dengan baik oleh target pembaca

· Bermanfaat apabila menginginkan tanggapan secara nasional

· Sangat kompetitif dan terdapat ancaman iklan yang sama dari mereka yang bergerak di bidang yang sama.

· Pembaca yang kritis

BROSUR SUPLEMEN MEDIA CUMA-CUMA

· Relatif murah

· Baik apabila menginginkan tanggapan langsung

· Jangka pendek

· Biaya produksi tinggi

POSTER

· Efektif

· Banyak pembaca

· Relatif murah

· Jangka waktu yang relatif panjang

· Baik untuk mengingatkan konsumen, misalnya dengan mendukung iklan TV

· Mendesak

· Pesan yang terbatas, kecuali untuk iklan transport

· Tidak sesuai untuk produk yang belum dikenal atau ‘sulit’

· Dibutuhkan dalam jumlah besar dan distribusi berskala besar

DIREKTORI

· Relatif murah

· Jangka panjang

· Sumber konsumen baru yang ajeg

· Ukuran dan pesan yang terbatas

· Tidak menarik perhatian

· Dapat dikuasai perusahaan besar

RADIO KOMERSIAL

· Banyak pendengar local

· Dapat diarahkan

· Deadline yang fleksibel

· Jangka pendek

· Bisa mahal

· Produksi yang rumit

· Hanya berisi pesan verbal

TELEVISI

· Liputan yang massif

· Berwarna, bergerak, dan bersuara

· Alternatif waktu

· Produksi dan tayangan yang sangat mahal

· Jangka pendek

CINEMA

· Relatif murah

· Frekuensi tayangan

· Berwarna, bergerak, dan bersuara

· Dominasi kelompok usia muda

· Biaya produksi yang mahal

· Profil pemirsa yang sangat sempit: anak muda

SIRKULASI

· Biaya produksi dan sirkulasi yang murah

· Sirkulasi penuh ke area tujuan

· Ancaman iklan produk serupa

· Jangka pendek

· Apakah benar-benar telah didistribusikan?

SURAT POS

· Mudah

· Murah

· Target konsumen yang telah teridentifikasi jelas

· Menyusun daftar surat-menyurat (mailing list)

POIN PENJUALAN

· Murah

· Mudah ditekankan

· Hanya mencapai mereka yang ‘tampaknya’ adalah konsumen anda

TAMPILAN/DISPLAY

· Besar, mencapai populasi local

· Dapat memamerkan produk yang sebenarnya

· Apakah menarik perhatian ?

· Biaya produksi yang besar untuk memperoleh hasil yang baik

SPONSOR

· Dapat memberikan kredibilitas bagi perusahaan lokal

· Mahal, hasil/profit yang rendah

· Memakan waktu

TRANSPORT - BUS,KERETA API, DLL

· Murah

· Lokal, populasi yang besar

· Pesan terbatas

· Kemungkinan tidak dapat meliput area target

PAMERAN DAN FAIR

· Jumlah penonton yang besar

· Kemungkinan mahal dan memakan waktu

· Ancaman dari iklan serupa

BENTUK-BENTUK UNIK – BOTOL SUSU, DLL

· Mungkin untuk diproduksi dan disesuaikan dengan keinginan

· Nilai yang unik yang menarik perhatian

· Membutuhkan ide yang bagus

· Harus melakukan persuasi

Anggaran Iklan

Di saat meningkatkan penjualan, iklan hanya membuahkan hasil dalam jangka waktu tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 brosur (atau iklan radio) dibutuhkan sebelum kita dapat memperoleh peningkatan hasil penjualan yang bermakna. Adalah penting untuk merencanakan dan menentukan anggaran yang memadai dalam suatu periode kampanye. Untuk menentukan secara terperinci mengenai berapa yang kita butuhkan untuk iklan memang sulit tetapi biasanya mencapai angka 3% dari penghasilan (peningkatan penghasilan). Jadi, dari 20.000 poundsterling, kita dapat menganggarkan 6.000 poundsterling untuk iklan.

Pengiriman Leaflet dan Brosur

Pengiriman langsung adalah bentuk penjualan yang tidak melibatkan wawancara pribadi dan dapat menjadi sangat efektif, walaupun jumlah tanggapan atau peningkatan penjualan jauh lebih rendah dibanding penjualan langsung. Iklan melalui pengiriman langsung dapat menjadi cara yang baik untuk membuka jalur dengan membuka peluang untuk melakukan tindak lanjut. Keberhasilan korespondensi langsung semacam ini tergantung pada (a) kesesuaian dengan produk, (b) dampak dari 'penawaran spesial', dan (c) daya tarik surat. Secara umum, mereka yang menggunakan cara ini adalah produk-produk bernilai cukup tinggi seperti asuransi, mobil baru, paket liburan, dan lain-lain. Ketersediaan kartu jawaban atau tanggapan yang telah ditanggung oleh perusahaan akan meningkatkan keberhasilan.

Pengiriman langsung yang sederhana adalah cara yang efektif dan murah bagi bisnis kecil. Sebuah tawaran dengan cara ini dapat berbentuk leaflet satu halaman yang secara jelas mempresentasikan produk atau jasa dengan segala manfaat dan keunikannya. Apabila masih terjangkau, membuat leaflet dengan warna akan sangat membantu dan meningkatkan keberhasilan sampai dengan 85%. Cantumkan nama, alamat, nomor telepon-fax, dan alamat e-mail secara jelas. Kriteria utamanya adalah pemahaman pembaca atas pesan yang anda presentasikan, sehingga kurangi pengulangan kata-kata dan apabila memungkinkan, gunakan kata-kata yang promosional seperti 'Baru', 'Spesial', 'Menawarkan' dan lain-lain.

Leaflet dapat dikirim, didistribusikan melalui kotak-kotak surat atau diselipkan di kaca-kaca mobil. Metode langsung semacam ini dapat menjadi sangat efektif dalam kasus penawaran jasa seperti penitipan anak, konsultasi perawatan anak, pencucian mobil, servis mobil, pertamanan, dan lain-lain. Apabila memungkinkan, anda dapat melakukan panggilan telepon tindak lanjut untuk meningkatkan respon secara signifikan.

Surat penjualan

Anda kemungkinan perlu menyertakan surat penjualan dalam melakukan pengiriman langsung. Tanggapan konsumen terhadap pengiriman brosur dan leaflet sangat rendah sehingga surat anda dapat memperbaiki kinerja tanggapan konsumen ini. Berikut ini adalah pedoman untuk menulis surat penjualan yang baik:

  • Tentukan tujuan anda. Tanyakan pada diri anda, apakah sasaran dari surat tersebut? Apakah untuk menjual produk, memberi informasi, atau untuk mengatur pertemuan?
  • Karena tingkat respon sangat tergantung pada ketepatan daftar surat-menyurat, anda kemungkinan perlu melakukan riset untuk memperoleh informasi yang akurat tentang target konsumen anda. Tingkat respon terhadap pengiriman langsung hanya mencapai 2% sehingga anda dapat mendukungnya dengan melakukan panggilan telepon.
  • Surat ini harus dialamatkan ke konsumen pribadi.
  • Periksalah ejaan, tata bahasa, dan presentasi anda.
  • Pertahankanlah inisiatif/usaha anda - sehingga apabila anda tidak menerima jawaban dalam dua minggu, lakukan kontak sekali lagi.

Apabila surat anda mencapai sasarannya, usaha anda akan menjadi lebih bernilai. Tetapi anda tetap harus melakukan monitor terhadap tingkat respon untuk menilai efektivitasnya.

Menulis press release

Liputan pers terkadang adalah jalur cuma-cuma untuk mengkomunikasikan pesan anda kepada konsumen melalui sebuah media yang biasanya memakan biaya sangat besar. Terkadang press release lebih efektif daripada iklan karena dibaca dengan lebih seksama dan dipercaya.

Terdapat beberapa dua tipe press release. Pertama adalah laporan berita seperti acara pembukaan usaha, pertemuan-pertemuan, dan order-order baru. Kedua adalah hubungan massa kreatif yang mempresentasikan cerita-cerita atau artikel tentang kelompok musik terkenal yang mendatangi bisnis anda, atau foto tentang bisnis anda.

Pada dasarnya, sebuah press release adalah berita yang disederhanakan yang meliput bisnis anda yang ditulis dari sudut pandang 'berita'. Liputan ini harus menarik di mata pembaca dan editor/wartawan. Ingatlah bahwa mereka adalah target pembaca anda. Para wartawan/editor menghadapi hal-hal yang sama setiap harinya sehingga tidak ada jaminan untuk dipublikasikan.

Terdapat beberapa aturan dasar untuk menulis press release. Press release anda sebaiknya tidak lebih dari satu halaman kertas A4 dan harus meliputi:

  • Judul yang menarik
  • Informasi-informasi kunci - apa, siapa, di mana, kapan, dan mengapa diliput dalam paragraf pertama
  • Pertanyaan dalam tanda kutip
  • Nama perusahaan dan produk, dan
  • Jangan menggunakan garis bawah.

Kesimpulan

Menjual adalah elemen inti dari bisnis anda sehingga anda harus menyusun sebuah perencanaan bisnis atau melakukan kendali finansial yang efektif. Ini adalah sebuah ketrampilan yang dapat dikembangkan dan diperbaiki dari waktu ke waktu dengan melatih diri. Memperoleh order dan konsumen yang tertarik pada presentasi anda adalah sesuatu yang akan membuat anda merasa puas akan usaha anda.

Download contoh Studi kelayakan Bisnis “ VEGETA ORGANIC RESTO” di : http://www.4shared.com/file/127810675/ae893887/SKB_VO_Resto__cafe.html

Bagi calon Investor yang berminat dapat menghubungi saya di email cukong_cute@yahoo.com / Hp 081325145356

Reactions:

0 comments:

Post a Comment