Dec 20, 2009

SAMPAI KAPAN SEKOLAH SWASTA MAMPU BERTAHAN ?

Tujuan pendidkan seharusnya mengajarkan kita bagaiamana harus berpkikir daripada apa yang harus kita pikirkan”

Sekolah swasta memang unik, berbagai nama dapat mereka gunakan mulai dari nama pendiri yayasn maupun nama pahlawan, dibandingkan dengan sekolah negeri beberapa pihak memang mencibir sekolah swasta sebagai sekolah pinggiran dan mereka yang menempuh pendidikan disana sebagai siswa buangan yang tidak memenuhi kualifikasi uhtuk meniadi siswa didik di sekolah negeri sehingga terpaksa mencari sekolah yang bersedia menampung mereka. Pandangan masyarakat terhadap sekolah swasta memang sangat beragam namun secara garis besar mereka menganggap sekolah swasta sebagai sekolah kelas kedua di bawah bayang bayang superioritas sekolah negeri . walaupun tak dapat dipungkiri bahwa beberapa sekolah swasta mampu mendobrak hegemoni sekolah negeri dan menjadi sekolah favorit namun hal tersebut tak lepas dari dukungan dana yang sangat besar serta hanya kalangan berkantong tebal saja yang dapat menikmati fasilitas belajar disana . sementara di luar sana berdiri beribu ribu sekolah swasta yang harus bertahan hidup dengan fasilitas seadanya. Bila kita membandingkan sekolah negeri dengan sekolah sasta maka kita akan menemukan berbagai macam kontradiksi yang sangat kentara seperti fasilitas belajar, kualitas tenaga pengajar, kualitas peserta didik dan faktor kesejahteraan.

Selama bertahun tahun perhatian pemerintah terhadap sektor pendidikan memang terfokus pada peningkatan kulaitas pengajar dan peningkatan kesejahteraan tenaga pengajar, perbaikan kurikulum dan peningkatan mutu peserta didik. Sehingga masalah pemerataannya belum menjadi perhatian serius pemerintah, tak dapat dipungkiri bahwa membandingkan sekolah negeri dengan sekolah swasta seperti membandingkan matahari dan bulan dimana sekolah swasta seperti juga bulan hanya memantulkan sinar dari matahari, itu juga berarti bahwa sekolah swasta takkan bisa hidup tanpa andil dari sekolah negeri. Apa jadinya sekolah swasta jika sekolah negeri memiliki kapasitas untuk menampung seluruh peserta didik. Masyarakat kita tanpa kita sadari telah menjadi “negeri minded”, sehingga apapun yang mempunyai embel embel negeri begitu diminati dan menjadi primadona

Pendidikan merupakan hak dasar setiap warga Negara yang dijamin oleh undang undang sehingga baik sekolah negeri maupun swasta memiliki peran dan fungsi yang sama sehingga harus diperlakukan oleh pemerintah secara adil. Sekolah swasta akan terus bertahan selama masyarakat membutuhkan walau kita tidak tahu entah sampai kapan keberadaan sekolah swasta tetap dibutuhkan. Kita hidup di zaman dimana prinsip prinsip ekonomi menjadi satu satunya pertimbangan utama dan jangan kaget ketika suatu saat nanti sekolah swasta akan menghilang dari peredaran.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment