Dec 15, 2009

RISET MARKET - Melakukan Perkiraan Penjualan

RISET MARKET - Melakukan Perkiraan Penjualan

Saat ini anda akan memperkirakan penjualan untuk bisnis anda di tahun depan. Lakukanlah secara kumulatif dan jabarkan perkiraan anda berdasarkan volume dan nilainya.

Program Penjualan

Memperkirakan penjualan adalah pekerjaan yang sangat sulit, paling tidak anda harus mengumpulkan beberapa data historis. Anda juga akan dapat merasakan manfaatnya apabila anda melakukan uji kelayakan untuk menemukan tingkat konversi hasil uji kelayakan untuk memperkirakan penjualan. Pertimbangkan apakah jumlah tersebut masih dapat anda tangani? Apakah anda memiliki cukup waktu untuk melakukannya?

Kekuatan dan Kelemahan

Apabila anda telah terbiasa dengan konsep SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities and Threats atau Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman), anda pasti tidak akan terkejut lagi apabila anda menemukan bahwa riset lingkungan pasar mengungkap peluang dan ancaman, sedangkan riset struktur pasar berbicara tentang kekuatan dan kelemahan yang ada. Hal ini menjadi penting karena kesuksesan dalam kompetisi pasar berakar dari kemampuan untuk memuaskan konsumen dan melakukan penilaian atau penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan. Sedangkan penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan itu sendiri adalah usaha untuk mengidentifikasi apa-apa saja yang dapat anda lakukan dengan baik, dan bidang-bidang yang kurang anda kuasai.

Terdapat dua sudut pandang yang dapat anda pertimbangkan. Yang pertama adalah hasil riset pesaing anda. Dari sini anda akan dapat mendapatkan gambaran mengenai kemampuan anda untuk berkompetisi. Penilaian tersebut meliputi beberapa aspek seperti efisiensi produksi, teknologi, kemampuan keuangan, kemampuan distribusi, dan lain-lain. Ini adalah beberapa faktor internal yang menunjukkan kinerja bisnis secra relatif dibandingkan dengan kompetitor anda. Sudut pandang kedua adalah sudut pandang konsumen. Mereka mungkin kurang peduli mengenai efisiensi produksi anda, atau apakah anda memiliki peralatan yang canggih. Tetapi mereka memandang anda berdasarkan kekuatan dan kelemahan anda sehubungan dengan faktor seperti kecepatan memberikan tanggapan, standar pelayanan konsumen, kualitas produk dan harga – dengan kata lain, isu-isu yang menjadi perhatian mereka.

Menilai kekuatan dan kelemahan anda dari kedua sudut pandang ini akan membantu anda untuk memikirkan hal-hal atau kondisi-kondisi yang diinginkan konsumen anda, dan sebagai konsekuensinya, mempertimbangkan sumberdaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.

Kekuatan dan kelemahan

Brainstorm kekuatan dan kelemahan anda dan rekan-rekan kerja anda. Pikirkanlah sumber-sumber daya yang akan tersedia bagi anda.

Kesimpulan

Setelah anda melakukan riset pasar, anda telah siap menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan rencana-rencana bisnis. Pengembangan rencana bisnis kemungkinan menunjukkan beberapa kelemahan dalam riset pasar anda, dan apabila hal ini terjadi, luangkan waktu untuk mengidentifikasi apa-apa saja kelemahan tersebut karena ini akan menjadi sangat berguna.

Ingatlah bahwa riset pasar adalah proses pengumpulan informasi yang berkelanjutan yang akan membantu anda dalam pengambilan keputusan. Riset pasar tidak akan pernah berakhir. Pasar di masa mendatang akan berubah, dan anda hanya mengetahui pasar bisnis anda pada saat ini.

Download contoh Studi kelayakan Bisnis “ VEGETA ORGANIC RESTO” di : http://www.4shared.com/file/127810675/ae893887/SKB_VO_Resto__cafe.html

Bagi calon Investor yang berminat dapat menghubungi saya di email cukong_cute@yahoo.com / Hp 081325145356

Reactions:

0 comments:

Post a Comment