Dec 15, 2009

MENGANALISA DATA HASIL RISET MARKET ANDA

MENGANALISA DATA HASIL RISET MARKET

ANDA

Saat menganalisa data yang telah anda pelajari, identifikasikanlah semua faktor eksternal yang dapat mempengaruhi anda menerapkan rencana bisnis anda. Bagaimanakah trend pasar? Hal-hal apa sajakah yang mempengaruhi trend tersebut (misalnya; perubahan ekonomi, politik, atau teknologi)? Bagaimanakah reaksi kompetitor anda menghadapi pendatang baru dalam bisnis? Deskripsikanlah peluang dan ancaman yang ada.

Perkiraan Penjualan

Tidak seperti bisnis-bisnis yang sudah berjalan, usaha-usaha baru tidak memiliki sejarah kinerja yang dapat menjadi dasar perkiraan penjualan. Walaupun demikian, menentukan tingkat penjualan di masa mendatang adalah bagian penting dari proses perencanaan. Tanpa ini, anda tidak akan memiliki ide riil mengenai apakah usaha anda akan untung atau tidak. Sebelum ini kita telah mendeskripsikan bagaimana menggunakan statistik pasar untuk menentukan penjualan, dengan mempertimbangkan kompetitor yang memiliki porsi di dalam pasar. Walaupun demikian, tidak semua kompetitor memiliki porsi yang sama – faktor seperti harga, lokasi, dan kualitas dari jasa atau produk, ‘image; dan posisi perusahaan dalam pasar akan mempengaruhi porsi dalam pasar.

Di saat memperkirakan penjualan bagi bisnis baru, adalah penting untuk melakukan verifikasi atau pengecekan perkiraan porsi pasar dalam riset anda. Informasi dari angket dan diskusi kelompok terfokus akan memberikan gambaran mengenai tingkat minat atau permintaan, dan uji pemasaran akan memberikan fakta daya jual dari produk atau jasa yang anda tawarkan. Apabila anda membutuhkan pinjaman, informasi ini akan sangat penting untuk mendekati bank anda!

Sebagian besar bisnis kecil harus melakukan zero base forecasting atau perkiraan berdasar nilai nol. Dalam melakukan perkiraan ini, cobalah semampu anda untuk melihat pasar secara keseluruhan dan kemungkinan porsi yang anda raih. Apakah pasar anda tumbuh atau susut? Berdiskusilah dengan konsumen utama anda tentang kemungkinan pembelian mereka tahun depan. Apakah anda merencanakan promosi tambahan? Apakah yang kemungkinan dapat dihasilkan dari promosi tambahan tersebut? Apakah anda akan menaikkan harga? Apabila ya, bagaimana pengaruhnya terhadap penjualan. Gunakan semua informasi ini untuk melakukan perkiraan seakurat mungkin terhadap nilai dan volume penjualan anda. Apabila anda memiliki lebih dari satu produk, anda sebaiknya menyediakan anggaran penjualan untuk masing-masing produk. Apabila anda menjual ke lebih dari satu area geografis (misalnya, Inggris, Eropa, Timur Jauh), anda akan merasa terbantu apabila anda menyediakan anggaran penjualan untuk masing-masing area. Anda juga harus mulai menyiapkan anggaran penjualan per bulan (atau perkuartal).

Download contoh Studi kelayakan Bisnis “ VEGETA ORGANIC RESTO” di : http://www.4shared.com/file/127810675/ae893887/SKB_VO_Resto__cafe.html

Bagi calon Investor yang berminat dapat menghubungi saya di email cukong_cute@yahoo.com / Hp 081325145356

Reactions:

0 comments:

Post a Comment