Dec 24, 2010

Paid Search: Jumlah Konversi Bisa Lebih Tinggi


Berdasarkan banyak penelitian, memang lebih banyak jumlah klik yang terjadi di kolom organic search, ketimbang paid search. Namun, jika kita berbicara angka konversi, peng-klik dari “ruangan” Sponsored Links, jauh lebih prospektif dalam melakukan pembelian.
Search Engine Marketing, Inc.: Driving Search Traffic to Your Company's Web Site (2nd Edition)Jika menilik pada Wikipedia, Search Engine Marketing (SEM) berarti sebuah kegiatan marketing yang bertujuan untuk meningkatkan posisi sebuah website dalam hasil pencarian di mesin pencari dengan menggunakan metode paid search, atau pencarian berbayar. Namun, definisi tadi berubah membingungkan ketika mengacu pada organisasi induk SEM, Search Engine Marketing Professional Organization (SEMPO) yang memasukkan Search Engine Optimization (SEO) dalam kategori SEM. Padahal, jika berdasar pada definisi Wikipedia tadi, SEO sendiri merupakan kegiatan meningkatkan peringkat sebuah website tanpa membayar pihak search engine. Hal seperti SEMPO pula lah yang dilakukan sejumlah media dan lembaga riset seperti Forrester Research, eMarketer, dan Search Engine Watch dengan mengategorikan SEO ke dalam salah satu kegiatan SEM.
Winning Results with Google AdWords, Second EditionTerlepas dari konflik terminologi di atas, yang akan menjadi topik pembahasan dari salah satu platform Search Engine Marketing kali ini adalah paid search. Paid search merupakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan mesin pencari. Dengan membayar, maka sebuah website bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian search engine. Namun jangan salah sangka, website yang menggunakan jasa paid search hanya muncul di bagian paling kanan, dengan label di sebelah atas bertuliskan “sponsored links”, bukannya tampil di bagian hasil pencarian organik.
Bicara soal penguasa paid search, Google masih menempati urutan teratas. Dari data yang dikeluarkan Search Engine Land, Google mampu menguasai 74,4 persen market share paid search pada kuarter ke-4 tahun 2009. Angka tersebut merupakan peningkatan, di mana pada pertiga bulan sebelumnya, ada 71 persen bagian yang dikuasai sang raksasa search engine ini. Yahoo! yang lebih dulu muncul dalam dunia mesin pencari, mengalami penurunan dan kini hanya mampu memperoleh potongan sebesar  21 persen. Bing lebih sial lagi. Mesin pencari keluaran Microsoft ini hanya mendapat serpihan 4,6 persen, setelah sebelumnya mengantongi angka 4,7 persen.
Paid Search Branding and ToolsMendalami mekanisme paid search, yang dibeli dalam pencarian berbayar ini adalah keyword atau kata kunci. Iklan hanya muncul ketika ada pengguna mesin pencari yang mengetik kata kunci yang sudah dipesan. Karena ditentukan dengan sistem bidding atau lelang, maka tidak ada patokan yang pasti berapa harga sebuah keyword. Semakin general sebuah kata kunci, tentu saja akan semakin mahal harganya.
Paid search umumnya menggunakan sistem pembayaran CPC atau Cost Per Click. Artinya, advertisers membayar hanya pada saat terjadi klik. Jika iklan yang muncul di kolom paid search tidak mendapat respon dari pengunjung sebuah search engine, itu artinya pengiklan tidak perlu mengeluarkan uang. Kendati tidak terjadi klik dan tidak ada yang perlu dibayar, bukan lantas Anda sebagai pemasang iklan bisa bersenang hati. Jika advertensi yang muncul jarang mendapat respon, maka search engine company akan menganggap performa iklan tersebut buruk. Akibatnya, pariwara bisa ditendang dari urutan teratas, atau malahan bisa keluar dari halaman pertama.
Sebagaimana halnya dengan ladang marketing yang lain, segmentasi wajib dilakukan untuk menentukan pesan yang mampu menjangkau target market. Pada search, pemetaan pelanggan tidak dilakukan melalui usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, ataupun hobi. Segmentasi dilakukan melalui pemilihan keyword. Seorang pemasang iklan harus mengetahui kata kunci apa yang akan diketik oleh konsumennya dalam search engine. Kata kunci itulah yang dijadikan bahan untuk menentukan copywriting yang sesuai, apakah pesan tersebut ditujukan untuk newbie, atau nantinya menyasar pada konsumen yang sudah berpengalaman. Memilih kata kunci yang tepat, bukanlah hal yang terlalu sulit dilakukan. Search engine company mapan biasanya sudah menyiapkan alat untuk membantu advertisers-nya dalam menemukan keyword. Google khusus menyodorkan Google Keyword Tool. Sedangkan Yahoo! memadukannya dalam paket pemasangan di Yahoo Search Marketing.
Berbeda dengan SEO yang hanya memungkinkan penggunanya memasang keyword yang sesuai dengan isi landing page, paid search bisa dimanfaatkan untuk program akuisisi. Sebuah brand, sah-sah saja membeli kata kunci yang berhubungan dengan perusahaan kompetitornya. Sudah menjadi kebiasaan, sebelum berbelanja sebuah merek produk atau jasa, konsumen terlebih dulu mencari informasi mengenai brand yang hendak dibelinya. Iklan Anda yang ikut terbuntang pada saat calon pelanggan memasukkan kata kunci perusahaan atau merek lawan, seringkali mampu menarik perhatian dan memancing klik bakal konsumen, jika dibarengi dengan copywriting yang tepat.
Seperti halnya media marketing yang lain, paid search juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Ditinjau dari sisi psikologi, penguna search engine biasanya lebih percaya dengan hasil pencarian organik ketimbang paid search. Sejumlah riset pun membuktikan, bahwa lebih banyak terjadi jumlah klik di bagian organic search, ketimbang di kolom “sponsored links”.
Namun ada pula hal menarik sehubungan dengan paid search ini. Berdasarkan studi yang dikeluarkan oleh Engine Ready, visitor yang datang dari paid search ke website milik retailer, jauh lebih banyak yang melakukan pembelian ketimbang pengunjung yang datang melalui organic search. Studi tersebut didasarkan pada traffic yang terjadi di 26 situs e-retail selama 12 bulan terakhir. Riset tadi menyimpulkan, kendati jumlah klik yang terjadi di paid search lebih kecil jika dibandingkan dengan hasil pencarian organik, namun lebih banyak pengunjung paid search yang melakukan pembelian ketimbang pencarian natural. Kajian Internet Retailer pun membunyikan nada yang serupa. Hasil konversi dari traffic hingga penjualan yang diperoleh dari paid search menembus angka 2,03 persen. Sedangkan pengunjung yang tiba dari natural search hanya mampu menghasilkan 1,26 persen.
read also :
The Limits of Paid Search
Paid Search: Tactics for Managing Keyword Broad Matching
The 2009-2014 World Outlook for Paid Internet Search Advertising
The 2009 Report on Paid Internet Search Advertising: World Market Segmentation by City 

Reactions:

0 comments:

Post a Comment