Aug 28, 2010

PANDUAN MEMBUAT RENCANA BISNIS

MEMBUAT RENCANA BISNIS (Business Plan)

It was character that got us out of bed, commitment that moved us into

action, and discipline that enabled us to follow through.

Zig Ziglar

1. Membuat Rencana Bisnis anda yang Pertama

Perusahaan yang dikelola dengan baik memandang perencanaan sebagai kegiatan yang berkesinambungan untuk menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Rencana jangan dianggap sebagai sesuatu yang sangat mengikat, tetapi anggaplah sebagai cara untuk menjamin agar kegiatan sehari-hari dapat dilaksanakan secara teratur. Perusahaan yang dikelola dengan baik akan menganggap rencana sebagai suatu kerangka kerja yang bersifat fleksibel (luwes) dan tanggap terhadap peluang yang muncul, tanpa harus berubah total dari sasaran semula. Mengetahui bahwa sebagian besar kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana akan memberikan kebebasan untuk melihat adanya peluang itu.

Pemantauan secara teratur mengenai bagaimana perusahaan bekerja juga penting untuk mengetahui apakah sasaran dan tujuan akan bisa dicapai. Survai terhadap perusahaan kecil dan perusahaan yang sedang berkembang menyimpulkan bahwa perusahaan yang mempunyai rencana ternyata lebih mungkin untuk memperoleh untung yang lebih besar.

Idealnya, anda membuat catatan tertulis atas hasil dari perencanaan anda – walaupun rencana anda itu hanya berupa daftar tujuan penting beserta anggarannya. Ada saatnya dimana anda harus menjelaskan secara tertulis rencana itu kepada pihak ketiga untuk menunjukkan langkah-langkah yang akan diambil perusahaan. Hal ini terutama penting kalau anda akan memulai usaha baru dan mencari dukungan keuangan.

Pada waktu perusahaan berada dalam puncak proses perencanaannya, mudah sekali untuk juga membuat ringkasan dari unsur-unsur yang berbeda-beda itu kedalam rencana tertulis. Kalau neraca perusahaan menunjukkan memberikan potret seketika mengenai posisi keuangan perusahaan saat ini, rencana bisnis harus juga menunjukkan potret seketika mengenai proses perencanaan.

2. Pemikiran Strategis

Banyak perusahaan kecil menganggap bahwa rencana strategis atau rencana jangka panjang hanya dibuat oleh perusahaan besar. Perusahaan yang yang tetap hidup dan berkembang adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya dengan menawarkan manfaat

kepada mereka dengan harga yang tidak hanya menutup biayanya tetapi yang juga menghasilkan keuntungan. Untuk dapat melakukan hal ini secara efektif, Peter Drucker berpendapat bahwa organisasi perlu memfokuskan pada lingkungan eksternal untuk dapat menciptakan pelanggan. Begitu juga Michael Porter berpendapat bahwa cara perusahaan memposisikan dirinya dalam pasar merupakan hal yang sangat penting. Secara khusus, tugas anda adalah untuk mencocokkan secara efektif kemampuan perusahaan (yaitu, pengetahuan, keahlian dan pengalamannya) dan sumberdaya dengan peluang yang diciptakan oleh pasar. Dengan kata lain, perusahaan harus didorong oleh pasar (market driven). Banyak perusahaan berpendapat mereka bisa membuat produk, tetapi tidak yakin apakah produk itu sebenarnya dibutuhkan.

Titik tolak untuk sebuah perusahaan adalah menentukan misi, atau maksud, dan menentukan sasaran.

J Misi (atau maksud) menjelaskan “apa yang dilakukan perusahaan”. Setiap perusahaan tentu mempunyai maksud. Sebagian untuk mencari uang. Lainnya menetapkan maksud perusahaannya dalam bentuk siapa pelanggannya atau apa kegiatannya. Sebagian lagi memasukkan pernyataan mengenai tata nilainya. Banyak perusahaan yang berhasil didorong oleh suatu ideologi yang meliputi maksud dan tata nilainya dan yang menciptakan inspirasi dan pedoman bagaimana menjalankan usahanya. Menetapkan misi merupakan pra-syarat dalam membuat perencanaan.

J Sasaran, atau “visi”, menetapkan “kemana perusahaan ini akan menuju”. Ini dapat dinyatakan dalam bentuk laju pertumbuhan, atau perbandingan dengan pesaingnya, atau bahkan menyatakan akan berbuat baik untuk masyarakat. Bagi kebanyakan perusahaan, visi inilah yang mendorongnya maju kedepan.

Dalam menetapkan sasaran anda harus memenuhi harapan tiga orang: pemilik perusahaan, karyawan, dan pelanggan. Masing-masing mempunyai harapan yang berbeda:

& Pemilik perusahaan mengharapkan manfaat dari uang yang ditanamkan dalam perusahaan. Ini bisa anda sendiri (atau mitra anda), tetapi anda tetap mengharapkan lebih daripada kalau uang itu disimpan di Bank. Kalau anda mempunyai penanam modal dari luar dalam perusahaan anda, mereka akan mengharapkan meningkatnya modal yang ditanamkannya dan ini harus dibuktikan bahwa modalnya itu dikelola dengan baik.

& Karyawan mengharapkan penghargaan yang realistis terhada pekerjaan, kesempatan kerja dan lingkungan kerja yang menyenangkan.

& Pelanggan mengharapkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dan yang sesuai dengan harga yang dibayarnya.

Untuk bisa berhasil, sebuah perusahaan perlu mengetahui bagaimana caranya mencapai sasarannya. Banyak perusahaan melakukan hal ini dengan menetapkan sasaran tujuan pendek. Tujuan ini harus terpusat pada tindakan-tindakan yang harus diambil dan harus dapat dicapai dengan sumberdaya yang ada. Sasaran dan tujuan dapat diuraikan kedalam rencana bisnis (business plan) bersama dengan analisis pasar, sumberdaya yang diperlukan dan cara penggunaan sumberdaya itu.

3. Menyiapkan Rencana Bisnis

Sebuah rencana bisnis adalah uraian lengkap mengenai usaha dan rencana perusahaan untuk satu sampai tiga tahun kedepan. Ini menjelaskan apa yang dikerjakan perusahaan (atau yang akan dikerjakan kalau ini perusahaan baru); siapa yang akan membeli produknya dan mengapa mereka membeli produk itu, dan, memuat ramalan keuangan yang menunjukkan keuangan yang ada dan menjelaskan kebutuhan keuangannya.

Rencana bisnis yang tertulis hanya merupakan wadah dari semua hal ini untuk suatu saat tertentu. Pemikiran dan gagasan anda sebelum mulai usaha baru tidak bisa tidak akan berubah dari pengalaman yang anda peroleh setelah usaha baru itu dimulai dan berjalan. Rencana bisnis anda harus mencerminkan pengalaman yang bertambah ini. Gunakan rencana anda untuk membandingkan pengalaman dan hasil dengan gagasan awalnya dan lakukan perubahan kalau diperlukan. Ini akan memungkinkan anda tetap bisa mengendalikan perusahaan dan membantu anda membuat rencana untuk berhasil.

Keinginan pribadi akan mempengaruhi perasaan anda mengenai bekerja sendirian atau jenis perusahaan apa yang akan anda jalankan. Apakah anda mendirikan perusahaan hanya untuk kesenangan – atau untuk mencari untung. Penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan anda akan membantu memilih barang atau jasa yang dapat dihasilkan perusahaan anda, dan menentukan ketrampilan apa yang masih harus dikembangkan kemudian. Meneliti pasar dimana anda menjual akan dapat melihat peluang dari pelanggan dan ancaman dari pesaing yang ada dalam bisnis itu. Dari semua ini, anda harus dapat menciptakan gagasan yang jelas tentang apa yang dilakukan perusahaan anda, kemana harus menuju, dan bagaimana caranya menuju kesana. Anda juga perlu memikirkan mengenai sumberdaya yang dibutuhkan – uang, peralatan, tempat usaha, orang – dan bagaimana menggunakan sumberdaya ini.

4. Menyusun Rencana

Anda akan menuliskan rencana bisnis berdasarkan informasi yang anda kumpulkan dari berbagai sumber.

Rencana Bisnis

DAFTAR ISI

a) Ringkasan

b) Perusahaan

c) Barang atau Jasa

d) Pasar

e) Rencana Pemasaran

f) Manajemen & Organisasi

g) Ramalan Keuangan

h) Kebutuhan Keuangan

i) Lampiran

Bagi kebanyakan perusahaan, rencana bisnis merupakan alat terpenting untuk meyakinkan calon pemberi dana bahwa usulan usaha itu dapat dilaksanakan dan para pelaksananya mempunyai komitmen dan tekad untuk keberhasilan perusahaan. Ada baiknya untuk menyediakan waktu yang cukup untuk meneliti isinya dengan cermat dan menyajikannya secara profesional.

Rencana bisnis anda harus disajikan dalam bentuk yang mudah dan cepat dimengerti. Bagian utama rencana bisnis biasanya memerlukan tidak lebih dari delapan sampai sepuluh halaman, kalau perlu didukung dengan lampiran sebagai penjelasannya. Dengan demikian maka rencana bisnis anda itu akan mudah disusun dan akan menjadi dokumen kerja dimana anda dan calon pemberi dana mendapatkan informasi manajemen yang diperlukan.

Anggaplah rencana bisnis itu sebagai alat pemasaran – dalam hal ini memasarkan anda sendiri kepada calon pemberi dana yang prospektif. Rencana itu harus jujur, tetapi harus menyajikan anda dalam keadaan yang terbaik. Harus mudah dibaca oleh orang yang sibuk, seperti pejabat bank, dan mudah mengetahui apa yang diperlukan dari mereka.

5. Penyajian

Sampul akan memberikan kesan mengenai perusahaan kepada pembacanya sehingga harus terlihat profesional. Sampul harus menunjukkan nama perusahaan dan logo (kalau ada) dan nama anda. Sampul yang dirancang dengan baik akan memberikan kesan profesional kepada pemberi dan akan menarik perhatian mereka. Anda harus berusaha untuk mencetak isi rencana bisnis itu dalam format yang mudah dibaca.

6. Isi Rencana Bisnis

A. Ringkasan

Walaupun ringkasan adalah bagian yang akan dibaca pertama oleh pembacanya, sebaiknya ini ditulis terakhir. Ringkasan harus secara singkat memberikan penjelasan mengenai perusahaan dan menekankan maksud tujuannya. Juga harus menjelaskan bagaimana maksud tujuan itu akan dicapai dan mengapa pemiliknya adalah orang yang akan menjadikannya kenyataan.

Kalau salah satu penggunaan rencana bisnis ini adalah untuk mencari pendanaan, maka suatu garis besar yang jelas akan menarik perhatian para calon pemberi dana dan membuat mereka tertarik untuk membacanya. Ingatlah bahwa orang yang akan menilai perusahaan anda itu orang-orang yang sangat sibuk. Tekankan kekuatan perusahaan anda dan sebab-sebab mengapa anda harus mendapat dukungan. Tunjukkan perputaran penjualan dan keuntungan yang diharapkan untuk tahun depan. Kalau perusahaan sudah berjalan, cantumkan juga sejarah perusahaan sampai saat ini, dan khususnya, berikan rincian penjualan dan keuntungan tahun-tahun lalu. Bagaimana kinerja perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya? Prestasi besar apakah yang sudah dicapai?

Akhirnya, sebutkan berapa banyak dana yang anda butuhkan dan apa saja penggunaannya.

ü Fat Frog Design

Fat Frog Design adalah sebuah perusahaan Inggris. Perusahaan ini menawarkan jasa rancangan grafis dan penerbitan menggunakan komputer untuk seluruh bagian Timur Laut Inggris dan bagian lain negara Inggris.

Untuk memberikan jasa pelayanan ini, Fat Frog Design yakin akan dapat menarik nasabah dengan membuat paket rancangan tahunan, harga yang menarik dan memberikan perhatian khusus pada hal-hal kecil yang diperlukan oleh masing-masing nasabah melalui penghubung antara nasabah dan perusahaan.

Walaupun pasar untuk jasa ini sudah sangat bersaing, Fat Frog Design mendapatkan dari penelitian pasar yang mendalam bahwa ada permintaan yang pasti terhadap jasa Fat Frog Design seperti paket rancangan tahunan yang tidak ditawarkan oleh pesaingnya. Setelah Fat Frog Design mapan dan mendapat reputasi yang baik atas mutu dan kehandalannya didaerah Timur Laut Inggris, perusahaan ini berharap untuk dapat mengembangkan jasanya keseluruh Inggris sehingga menambah jumlah nasabah, penjualan dan akhirnya menambah keuntungan.

B. Perusahaan

Bagian ini harus menguraikan dengan singkat maksud dan tujuan perusahaan. Apakah perusahaan sudah berjalan atau belum, jelaskan siapa yang memilikinya. Apa yang menyebabkan perusahaan ini didirikan?.

Kalau perusahaan sudah berjalan, uraikan sejarahnya dan apa yang sudah dicapai sampai saat ini. Berapa besar perputaran penjualannya? Berapa tingkat keuntungannya? Berapa nilai bersih perusahaan? Buatlah ringkasan angka-angka yang penting dan sertakan laporan rugi-laba dan neraca perusahaan yang lebih rinci dalam lampiran. Bagaimana kinerja perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya? Bagaimana pendanaan awal perusahaan ini (misalnya melalui modal penyertaan, pinjaman, hibah)? Prestasi besar apa saja yang sudah dicapai?

Jelaskan struktur hukum perusahaan (PT, perorangan, atau kemitraan CV). Sebutkan juga kalau ada hal yang membedakan dengan perusahaan lain misalnya sifat khusus produknya atau adanya sertifikat ISO9000.

ü Perusahaan Network Advantage

Network Advantage adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam konsultansi komputer yang mengkhususkan diri pada teknologi jaringan dan komunikasi, terutama aplikasi bisnis Internet. Tujuan utama kami adalah untuk memasarkan dan menjual jasa konsultansi, pelatihan dan dukungan dalam bidang ini, berdasarkan pada paket standar, yang kemudian disesuaikan untuk keperluan khusus para nasabah.

ü Perusahaan Sole Discretion

Sole Discretion adalah toko pengecer yang menjual sepatu, terletak di pusat kota Darlington, bertujuan untuk menjual kepada wanita dan pria berumur antara 16 dan 30 tahun.

C. Produk Barang atau Jasa

Jelaskan apa yang anda jual, atau yang ingin anda jual, dalam bahasa yang mudah dipahami pembacanya. Hindari penggunaan istilah-istilah yang muluk-muluk (jargon) sedapatnya; seorang pembaca yang menginginkan informasi yang lebih rinci mengenai aspek teknis dari produk anda akan memintanya. Atau, masukkan informasi ini dalam lampiran.

Jelaskan mengapa konsumen mau membeli barang atau jasa itu. Kebutuhan apa yang dapat dipenuhi olehnya? Buatlah penjelasan bukan hanya mengenai ciri-ciri (fitur)nya tetapi juga cantumkan manfaatnya. Manfaat dapat berupa, misalnya, mudah penggunaannya, nyaman digunakan, aman, hemat, fleksibel, rasa, dsb. Ingat bahwa konsumen membeli manfaat tetapi anda yang harus membayar fitur itu.Apakah ada dari fitur itu yang unik? Jelaskan secara rinci paten, pendaftaran desain atau hak cipta kalau ada.

ü Perusahaan Marie-Bernadette Callan – AQUArelle

Perusahaan ini mendasarkan usahanya pada fesien dan asesoris yang terbuat dari kulit binatang laut, terutama memproduksi sarung tangan. Namun demikian, kulit itu juga digunakan untuk keperluan lain dalam perusahaan, yang juga melibatkan perdagangan barang-barang yang terbuat dari kulit bukan dari binatang laut. Proses pembuatan sarung tangan dilakukan oleh perusahaan lain. AQUArelle bertanggung-jawab dalam memproduksi asesoris lainnya.

Kulit binatang laut itu diimpor, dan banyak jenis kulit tersedia, termasuk kulit ikan salmon dan ikan serigala tutul. Perusahaan penyamaan kulit memasok hampir 94% pasar dunia untuk kulit binatang laut, dan karena mereka juga memasok perusahaan fesien, jenis warna kulit yang dibuatnya cocok dengan kebutuhan AQAUrelle, walaupun mereka juga bersedia untuk menghasilkan warna khusus atas permintaan. Kulit yang dihasilkan lolos pengujian mutu dari London Institute of Leathers (Lembaga Kulit London) dan dapat dicuci dengan tangan pada suhu 50 derajat. AQUArelle adalah perusahaan pertama di Inggris yang menggunakan kulit ikan serigala tutul.

Semua kulit diperoleh sebagai daur ulang dari produk limbah industri ikan di Norwegia, jadi tidak ada ikan yang dibunuh hanya untuk diambil kulitnya saja, ini berarti AQUArelle lebih bersahabat pada lingkungan dari pada perusahaan yang memproduksi sarung tangan dari kulit reptil.

Kulit binatang laut Aquarelle mempunyai keunggulan daripada kulit lainnya:
AQUArelle tiga kali lebih kuat daripada kulit sapi dengan ketebalan yang sama, yang menjamin tahan lama; mempunyai penampilan yang indah dan eksotis; dan, karena tidak ada dua ikan yang sama, setiap kulit aquarelle itu unik.

Produknya sendiri dibuat lebih menarik oleh kemasannya, karena penting untuk mempertahankan citra yang kuat dari seluruh identitas perusahaan. Kemasan AQUArelle dan bahan promosinya dirancang dan diproduksi oleh perusahaan B & S Design Associates. Warna perusahaan adalah warna krem, warna bambu dan hitam, dan, dengan menggunakan gambar permukaan yang mencolok, identitas perusahaan dimaksudkan untuk mencerminkan citra sesuatu yang mahal dan unik. Setiap pasang sarung tangan dilengkapi instruksi penggunaan yang dirancang khusus dan kartu yang menunjukkan keasliannya. Sebuah contoh bahan promosinya dilampirkan.

ü Perusahaan Active Design

Produk yang dihasilkan Active Design adalah alat bantu belajar yang unik untuk anak-anak dan dirancang untuk belajar dengan menggunakan kurikulum nasional. Kurikulum Nasional menetapkan tujuan mata ajaran yang diajarkan untuk anak-anak pada tingkat yang berbeda-beda. Guru harus mencari produk yang dapat mendukung tujuan itu dan menghemat waktu belajar. Produk Active Design dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini.

Produk yang ada sekarang ini terutama berupa model badan manusia. Dengan model ini anak-anak dapat menghubungkannya dengan bagian tubuhnya sehingga pelajarannya dapat lebih mudah dipahami dan mudah diingat.

D. Pasar

Tentukan dengan seksama siapa yang akan menjadi kelompok konsumen anda. Penelitian pasar anda mungkin menyimpulkan bahwa anda menujukan penjualan pada suatu pasar atau bagian pasar tertentu.

Buatlah garis besar penelitian pasar yang sudah anda lakukan – penelitian primer dan sekunder sama pentingnya – termasuk ringkasan informasi dalam bentuk grafik dan tabel. Informasi pendukung yang lebih rinci dapat disertakan dalam lampiran.

Anda harus menunjukkan bahwa pasar itu ada. Berapa besar pasarnya? Perkirakan besarnya permintaan untuk produk anda dalam jangka pendek dan jangka panjang dan buatlah alasan yang tepat untuk itu. Berdasarkan informasi inilah anda akan memperkirakan besarnya penjualan.

ü Perusahaan Hong Khrua Thai

Hong Khrua Thai berniat menyediakan makanan bermutu tinggi sebagai kelompok restoran mahal. Restoran itu hanya akan menerima tamu pada malam hari yang sudah memesan tempat karena penelitian pasar kami menunjukkan bahwa para konsumen mengharapkan makanan dan pelayanan bermutu tinggi. Dalam kaitan dengan hal ini maka waktu untuk mempersiapkan makanan dan penyajiannya merupakan hal yang penting untuk kepuasan pelanggan.

ü Perusahaan Optimum Test Solutions Ltd.

Industri manufaktur elektronik di Skotlandia adalah merupakan sektor pasar terbesar dan penghasil ekspor terbanyak di negara itu. Selama dua dekade terakhir daerah yang disebut “Silicon Glen” menjadi pusat industri elektronik yang mapan di Eropa. Dengan banyaknya perusahaan multinasional yang menempatkan kantor pusatnya di bagian tengah Skotlandia, maka masa depan industri Skotlandia kelihatannya sangat cerah.

Semua perusahaan manufaktur elektronik menggunakan peralatan pengujian khusus dalam proses produksinya. Ini biasanya terdiri atas mesin-mesin pengujian mahal yang dapat digunakan untuk bermacam-macam pengujian, lalu ditambahkan suatu alat khusus yang dirancang khusus untuk melakukan pengujian atas komponen atau sirkuit tertentu. Walaupun mesin utama itu tetap letaknya, alat tambahan itu akan sering diganti sesuai dengan apa yang sedang diproduksi saat itu. Optimum Test Solutions didirikan untuk memproduksi alat tambahan yang sering dibutuhkan ini, dan juga untuk mendukung kebutuhan presisi proses pengujian komponen elektronik.

Anda harus menjelaskan kepada pembaca seberapa besar persaingan. Persaingan bentuk apa yang ada? Berapa banyak pesaing yang ada? Apakah akan ada pesaing baru dimasa depan. Jelaskan mengapa produk anda akan lebih disukai dibandingkan produk pesaing? Apakah yang menjadikan produk anda unik?

ü Hong Khrua Thai

Persaingan dapat dibagi dalam dua sektor:

o Persaingan langsung (dengan restoran Thailand khusus)

o Persaingan tidak langsung (dengan restoran lain dan perusahaan katering yang menyajikan makanan jenis lain).

Apakah ada hambatan untuk masuk kedalam pasar khusus ini – dan, kalau ada, siapakah mereka dan bagaimana anda mengatasinya?

E. Rencana Pemasaran

Anda menguraikan maksud perusahaan anda dalam Ringkasan atau didalam Bagian Usaha. Maksud perusahaan harus diterjemahkan menjadi tujuan dan sasaran pemasaran yang akan mendukung realisasinya. Tujuan harus dapat dihitung, diukur, menantang dan bisa dicapai. Contoh tujuuan perusahaan misalnya: tingkat keuntungan, pertumbuhan penjualan, diversifikasi dan peningkatan pangsa pasar.

Tujuan bisa mencakup, misalnya”

o menjual 220 unit dan menghasilkan $100,000 pada tahun 1995’

o -mencapai laba kotor 45%, dan

o menjaring 18% pasar

Rencana pemasaran untuk mencapai tujuan ini harus diuraikan dengan menggunakan 4P (product, place, price, dan promotion). Pilihan “positioning” juga akan mempengaruhi 4P ini.

Jelaskan bagaimana anda akan memposisikan perusahaan (dan produk) anda di pasar. Apakah produk itu bermutu tinggi dengan target pasar konsumen berpenghasilan tinggi (sehingga bisa menetapkan harga tinggi)? Ini disebut diferensiasi. Apakah produk itu bersifat komoditi – yang tidak bisa dibedakan dari produk buatan pesaing kecuali harganya? Ini disebut kepemimpinan biaya (cost leadership).

1) Product (produk)

Anda sudah menjelaskan apa barang atau jasa yang anda jual. Buatlah perencanaan untuk pengembangannya dimasa depan, misalnya, untuk dua tahun kedepan. Apakah anda akan secara bertahap menambah barang atau jasa baru? Apakah anda akan membuat uji coba untuk produk baru untuk menjajagi pasarnya?

2) Place (tempat – distribusi)

Lokasi perusahaan anda dan bagaimana anda akan mendistribusikan produk anda keduanya sangat penting. Bagaimana barang atau jasa akan dijual kepada pelanggan – langsung atau melalui perantara atau agen (seperti pedagang besar atau pengecer). Bagaimana produk dikirim ke tempat penjualan?

Kalau pembeli datang ke perusahaan anda, apakah mudah dicapainya? Apakah penampilannya memberikan citra yang sesuai? Jelaskan mengapa anda memilih tempat usaha dimana perusahaan berada?

3) Price (harga)

Harga harus dapat menutup semua biaya dan masih menyisakan untuk keuntungan. Anda harus menjelaskan bagaimana anda sampai pada keputusan tentang besarnya harga itu.

Kalau anda memilih strategi diferensiasi, mutu dan pelayanan lebih penting daripada harga. Kalau anda memilih strategi kepemimpinan biaya anda harus menetapkan harga itu dengan memperhatikan harga di pasar – kemudian anda harus mengendalikan biaya untuk dapat menjual dengan harga itu dan tetap mendapat keuntungan. Ini merupakan strategi yang lebih sulit, jadi sebaiknya pilihlah stretagi diferensiasi.

4) Promotion (promosi)

Akhirnya, anda harus menjelaskan strategi promosi anda – bagaimana anda berniat masuk ke pasar dan memberi tahu kepada pelanggan bahwa perusahaan anda itu ada.

Jelaskan bagaimana anda akan mempromosikan apa yang anda tawarkan, misalnya, melalui iklan, pengiriman langsung, brosur yang disebarkan kerumah-rumah, dsb.

ü Perusahaan Active Designs

a) Tujuan

- melipat-duakan penjualan dari $20.000 pada tahun pertama (1995) menjadi $40.000 pada tahun kedua (1996)

- meningkatkan jenis produk dari dua menjadi lima rancangan pada akhir April 1996 dan dimasukkan pada katalog tahun 1997

- melipat-duakan jumlah pesanan melalui pos dari empat di tahun 1995 menjadi delapan pada tahun 1996

- menyewakan studio pada tahun ketiga (1997)

b) Product (Produk)

Active Design akan menawarkan serangkaian alat bantu belajar orisinil kepada pemesan melalui pos, dan tambahan produk baru setiap tahun. Pemesan adalah pemasok yang menjual produk ini ke pada sekolah-sekolah. Produk yang ditawarkan kepada pemasok pada tahun 1996 akan dimuat dalam katalog yang terbit tahun 1997. Peluncuran produk dijadwalkan waktunya sesuai dengan berlakunya anggaran sekolah baru pada bulan Maret/April. Pada tahun kedua Active Design akan mulai menekspor produk ‘Inside Out’ kepada para distributor di Jerman. Kalau ini berhasil maka produk lain dapat diluncurkan kemudian dan juga ke negara-negara Eropa lain yang sedang dipelajari.

c) Price (Harga)

Penelitian menunjukkan bahwa sekolah akan membeli peralatan kelas yang baik, berfungsi dan orisinil dengan harga yang memadai. Harga untuk sekolah sudah ditentukan dan diharapkan akan tetap sama selama tahun 1996. Semua pemasok setuju dengan harga ini. Perusahaan besar yang berusaha dalam pemesanan melalui pos menghendaki keuntungan yang lebih besar daripada struktur biaya pembuatannya. Hal ini diatasi dengan cara memperbesar jumlah yang diproduksi untuk menekan biaya per unitnya. Kontrak dibuat dengan masing-masing pemasok untuk waktu dan jumlah yang terbatas.Perusahaan yang melakukan pemesanan melalui pos melakukan pemesanan sebulan sekali untuk memenuhi jumlah persediaan minimumnya. Penagihan dilaksanakan dengan baik. Pada setiap pameran dagang harga diturunkan untuk menarik pemasok melakukan pemesanan pada pameran itu.

d) Place (tempat usaha)

Active Design akan terus melaksanakan usahanya dari rumah tinggal pemiliknya, karena alasan keuangan dalam tahun pertama; segera setelah keuntungannya memungkinkan maka usaha ini akan dipindahkan ke sebuah studio. Active Designs mempunyai sedikit tamu, oleh karena itu tempat usaha tidak terlalu penting. Namun dmeikian, ruangan akan segera menjadi masalah, terutama kalau dibutuhkan pegawai paruh-waktu yang akan membantu usaha ini kalau masih dilakukan dari tumah tinggal. Produk yang dihasilkan saat ini dibuat oleh sebuah sub-kontraktor yang memasok pada Active Design. Produk dijual dan dikirim kepada pemesan yang membeli secara teratur berdasarkan informasi yang ada di katalog. Pesanan segera dipenuhi setelah diterima.

e) Promosi Tidak Langsung

- Pesan – Active Designs memproduksi serangkaian peralatan bantu belajar yang membuat proses belajar ‘menyenangkan’. Peralatan ini digunakan sebagai alternatif dalam cara mengajar agar supaya anak didik dapat menangkap informasi secara mudah dengan peralatan interaktif.

- Media – Jenis-jenis produk akan dimuat dalam katalog yang dibagikan kepada sekolah-sekolah. Active Designs baru saja memproduksi brosur berwarna untuk produk ‘Inside-Out’ dan Poster Binatang Buas.

- Publisitas – Pada awalnya Active Designs mendapat peliputan yang besar dari wartawan lokal, wawancara dengan Radio Northands dan iklan pada Central Television. Baru-baru ini, sebuah majalah sekolah bernama The Times Educational Supplement memuat sebuah foto produk ‘Inside-Out’ dalam sebuah artikel utama tentang alat bantu belajar anatomi, dan artikel lain menetapkan ‘Inside-Out’ merupakan produk unggulan terbaik di tahun 1995. Prestasi lainnya adalah dimuatnya ulasan di majalah ‘Nursery Equipment’ dan ‘Childcare Business’, majalah yang ditujukan untuk pembaca yang tertarik pada perawatan anak-anak. Ada kemungkinan produknya akan terpilih sebagai produk unggulan dalam artikel ‘New Resources’ dalam majalah ‘Child Education’ terbitan bulan April.

- Citra – Logo Active Designs dirancang sendiri dan digunakan pada kartu nama dan kop surat yang bermutu tinggi. Citra yang tinggi diperlukan dalam berhubungan dengan para pelanggan. Baru-baru ini sebuah brosur berwarna dirancang dan dicetak.

F. Manajemen dan Organisasi

Ada perlunya untuk menunjukkan bahwa anda mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas agar supaya perusahaan bisa berjalan dengan baik. Fokuskan pada hal-hal yang penting saja.

a) Orang

Sebutkan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan anda dan utarakan kekuatan kemampuannya yang disumbangkan untuk perusahaan. Ini bisa termasuk kemampuan teknis (misalnya ketrampilan pertukangan kayu atau pengalaman menjual), sikap (misalnya antusiasme atau kemampuan bekerja dalam tekanan), pendidikan dan pelatihan spesialisasi. Kalau mau, sertakan juga kurikulim vitae dari pejabat kunci perusahaan dalam lampiran. Kalau memang ada kelemahan, terangkan bagaimana ini akan diatasi (misalnya produksi yang masih dilakukan oleh subkontraktor).

b) Produksi

Jelaskan proses produksi (kalau dipandang perlu) dan tekankan adanya keunggulan bersaing.

c) Tempat Usaha

Pembaca sudah paham bagaimana memilih tempat usaha; disini uraikan tempat usaha itu, termasuk kelengkapan ijin-ijinnya.

ü Perusahaan Test Solutions Ltd. (OTS)

Tim Manajemen dan Karyawan Perusahaan membangun organisasinya dengan cepat dan sekarang terdapat enam karyawan;

- dua orang direktur

- seorang pembuat peralatan

- seorang pekerja yang melakukan apa saja

- seorang magang pembuat peralatan

- seorang pembantu kantor dan pemegang buku

Michael Richford dan Garry Tibbitt, kedua direktur, sudah bekerja bersama sebagai magang pembuat peralatan sejak lama dan pada tahun 1995 memutuskan membentuk OTS.

Kedua direktur itu bekerja dalam perusahaan penjualan dan memperoleh pengalaman yang cukup dalam industri ini. Dalam delapan tahun kerjanya (masing-masing) ini mereka juga berhubungan dengan pembeli dan mengetahui apa yang dibutuhkan. Melalui pengalaman ini mereka mendapatkan pengetahuan dalam teknik menjual, perancangan dan pembuatan bahan untuk pengujian. Mereka juga memperoleh ketrampilan dalam bidang otomasi dalam proses pengujian elektronik – karena terlibat secara langsung dalam penyempurnaan dan perancangan-ulang peralatan otomatik di perusahaan Motorola. Tambahan lagi, mereka baru saja bekerja dalam sebuah perusahaan pembuat alat pengujian di Belgia (perusahaan ITE nv).

Kebanyakan waktu mereka dihabiskan untuk kegiatan produksi. Namun dmeikian, tambahan kerja untuk mengelola perusahaan dibagi demikian:

- Michael: mengelola produksi, administrasi umum, pengendalian keuangan dan persediaan barang

- Garry: mempromosikan perusahaan, penjualan, menawarkan dan merancang produk.

G. Ramalan Keuangan

Dua kebutuhan keuangan yang penting adalah untuk mendapatkan keuntungan dan untuk mendapatkan uang cukup untuk membayar pemasok, karyawan dan lainnya pada waktunya. Tujuan bagian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana perusahaan dapat mencapai keduanya. Buatlah ramalan keuangan sedikitnya untuk setahun kedepan. Kalau dibutuhkan jumlah investasi yang besar atau kalau diperkirakan perusahaan belum akan memperoleh keuntungan pada tahun pertama, buatlah ramalan untuk dua atau bahkan tiga tahun kedepan.

Bagian ini biasanya memuat ramalan arus tunai, ramalan laba rugi dan ramalan neraca perusahaan, marilah kita lihat:

ü Ramalan (atau proyeksi) laporan laba rugi. Perputaran penjualan didapat dari bagian penelitian pemasaran. Berapa biaya langsung, laba kotor, biaya overhead, dan laba bersih? Bagaimana laba akan digunakan? Ada baiknya untuk menjelaskan bagaimana anda menentukan harga. Ingatlah untuk menyertakan penarikan (oleh pemilik) dan bunga pada waktu menjumlahkan biaya overhead dengan biaya langsung.

ü Ramalan Arus Tunai: Jelaskan keterlambatan penerimaan pendapatan untuk menutup pengeluaran. Sertakan ramalan arus tunai untuk menunjukkan penerimaan pembayaran secara bulanan dan berapa kebutuhan keuangan dari luar.

ü Sebaiknya anda menyertakan ramalan (atau proyeksi) neraca perusahaan – kalau tidak, calon penyandang dana akan menghitung sendiri berdasarkan informasi yang anda sediakan. Ini bisa saja tidak mencerminkan apa yang anda inginkan, misalnya, harta tetap atau persediaan tambahan tidak akan terlihat pada ramalan arus tunai.

Calon penyandang dana tertarik pada risiko – risiko anda tidak dapat mencapai apa yang anda ramalkan, risiko anda tidak dapat membayar hutang dan bahkan risiko perusahaan anda akan bangkrut. Akan sangat membantu mereka – dan menunjukkan bahwa anda sudah memikirkan akan risiko ini – kalau anda menyertakan juga analisa titik pulang-pokok dan analisa sensitivitas

ü Analisa Sensitivitas. Analisa sensitivitas adalah tentang pertanyaan “bagaimana kalau…..”. Apa yang akan terjadi, misalnya, kalau penjualan menurun 10% atau kalau harga bahan baku naik 20%? Akan sangat membantu para penilai rencana bisnis anda kalau anda mempertanyakan hal-hal ini pada diri anda sendiri dan memperkirakan risiko apa kalau penjualan menurun atau adanya kenaikan harga bahan baku.

ü Analisa Pulang Pokok.Setelah anda menghitung biaya-biaya yang akan terjadi, dan memutuskan harga produk, anda dapat menentukan berapa banyak anda harus menjual untuk dapat menutup biaya – bisa dalam bentuk jumlah satuan produk atau jumlah jam kerja yang dibutuhkan. Tingkat penjualan dimana anda mulai bisa menutup semua biaya disebut titik pulang pokok. Setelah titik ini anda mulai memperoleh keuntungan.

H. Kebutuhan Keuangan

Sebutkan berapa jumlah uang atau harta lain yang akan ditanamkan dalam perusahaan oleh anda (dan mitra anda). Buatlah rincian berapa jumlah yang dibutuhkan dari sumber-sumber lain dan jelaskan apakah sebagai uang muka (untuk modal kerja), sebagai pinjaman (untuk pembelian mesin misalnya), sebagai penyertaan modal, atau kombinasi dari ini semua.

Kalau ada agunan, misalnya, berupa sebuah rumah, sebutkan ini dalam rencana bisnis anda. Kebanyakan bank akan mempersyaratkan agunan untuk dapat memberikan hutang dalam jumlah besar. Tawaran agunan ini menunjukkan komitmen anda dan keyakinan anda akan perusahaan anda. Itu juga menunjukkan tekad anda manghadapi risiko, terutama kalau anda tidak mempunyai uang banyak untuk ditanamkan dalam perusahaan

I. Lampiran

Upayakan tambahan materi lainnya sesedikit mungkin. Mungkin anda merasa ada hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan anda yang membutuhkan informasi untuk memperjelas, tetapi jangan ini diartikan untuk memasukkan segala hal.

Sebagai tambahan untuk hal-hal diatas, anda mungkin perlu menyertakan:

- foto

- tawaran pembelian mesin dan asuransinya

- informasi hukum – akte, sewa, dsb

- salinan kuestioner penelitian primer, dan

- informasi penelitian sekunder

J. Kesimpulan

Dalam memberi penjelasan mengenai perusahaan anda, dalam menekankan manfaat produk anda, dalam menunjukkan pengetahuan anda mengenai pasar, dalam memberikan rincian mengenai kinerja atau ramalan apa yang akan terjadi, dan dalam menunjukkan tekad anda menghadapi risiko, anda harus menyatakan itu semua kedalam rencana bisnis.

0 comments:

Post a Comment