Aug 5, 2010

Tips: Menggunakan Kartu Kredit Secara Aman Saat Mudik

Acara mudik setahun sekali ini biasanya membutuhkan dana yang tidak kecil dan ada kalanya pengeluaran di saat perjalanan tidak hanya membutuhkan uang tunai, tetapi juga kebutuhan menggunakan kartu kredit.

Buatlah anggaran khusus agar benar-benar mengetahui ekspektasi pengeluaran yang akan terjadi selama perjalanan mudik, mulai dari keberangkatan sampai dengan pulang ke kota asal.

Menurut Vice President Customer Care Head Citi Indonesia, Hotman Simbolon, untuk menunjang perjalanan selama mudik, kartu kredit dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan-kebutuhan utama seperti transportasi, akomodasi dan konsumsi.

Jika menggunakan pesawat dan menginap di hotel, maka pembayaran ke agen perjalanan, maskapai penerbangan ataupun hotel bisa dilakukan dengan kartu kredit.

“Sekarang sudah makin banyak jasa pariwisata yang ditawarkan melalui online, tapi selalu berhati-hatilah. Gunakan hanya situs resmi perusahaan yang memiliki reputasi baik dan bisa dihubungi untuk informasi tambahan,” kata Hotman dalam rilis yang diterima Tempo.

Cara aman gunakan kartu kredit:

1.Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kartu kredit tidak kadaluarsa. Ketahuilah jumlah saldo tagihan yang ada saat ini dan jumlah kredit yang dapat digunakan selama perjalanan. Jangan sampai tidak dapat menggunakan kartu hanya karena lupa membayar tagihan yang lalu.

2.Untuk amannya, tulislah nomor kartu kredit Anda, tanggal jatuh tempo dan catat nomor telepon yang bisa dihubungi dari penerbit kartu tersebut dan simpan di tempat yang aman dan terpisah dari kartu kredit. Kelengkapan data ini penting, jika sewaktu-waktu kartu hilang, dicuri, atau terjadi penipuan. Tapi jangan pernah sekali kali untuk mencantumkan PIN.

3.Bayarlah semua tagihan rutin sebelum berangkat mudik. Tagihan rutin di sini maksudnya adalah biaya listrik, air, handphone ataupun biaya bulanan pusat kebugaran. Dengan demikian, tagihan ini tidak mengganggu pikiran Anda selama di perjalanan.

4.Jika bepergian ke luar kota, sebaiknya informasikan hal ini pada penerbit kartu sehingga transaksi tidak dicurigai sebagai fraud/kejanggalan dalam bertransaksi.

5.Saat sedang di perjalanan, jangan tinggalkan kartu di kamar hotel, area rekreasi, ataupun di kendaraan. Jika perlu gunakan safe deposit box untuk meletakkan barang-barang berharga.

6.Simpan bukti-bukti transaksi. Saat sampai di rumah cek ulang apakah tagihan sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Jika terdapat perbedaan atau kesalahan, segera laporkan dalam kurun waktu sesuai dengan peraturan penerbit kartu kredit. 

Reactions:

0 comments:

Post a Comment