Aug 14, 2010

Cara sederhana menghemat pulsa Internet


by Onno W. Purbo

Dalam berbagai kesempatan memberikan ceramah  & seminar, kebanyakan peserta umumnya tidak percaya bahwa saya membayar IndoNet (ISP yang saya gunakan) setiap bulan-nya hanya sekitar Rp. 40.000,- / bulan. Umumnya peserta seminar / workshop selalu menyangka bahwa biaya yang saya keluarkan untuk Internet sekitar Rp. 300.000 s/d Rp. 1 juta / bulan – belum di tambah biaya telepon ke Telkom. Biaya Telkom saya sekitar Rp. 200.000,- / bulan sedang handphone saya lebih banyak saya matikan karena memang terus terang saya kurang suka menggunakan handphone. Jadi secara umum biaya telekomunikasi saya baik ISP, Telkom & handphone mendekati sekitar Rp. 250.000-an / bulan.

Kalau di hitung-hitung sebetulnya biaya komunikasi tersebut relatif sangat sedikit dibandingkan dengan trafik komunikasi yang ada sekitar 600-an e-mail setiap hari kadang-kadang FAX melalui laptop saya. Dalam tulisan singkat ini saya mencoba memberikan tip-tip yang sangat sederhana sekali untuk melakukan itu semua.

Prinsip yang harus dipegang erat-erat sangat sederhana, usahakan semaksimal mungkin agar kegiatan yang kurang produkti dilakukan secara off-line & meminimalkan hal-hal yang sifatnya entertainment. Dalam kalimat yang lebih sederhana, jika anda menggunakan Internet sebaiknya jangan (minimalkan) akses ke Web, jangan menggunakan Free mail lewat Web dan jangan melakukan IRC (chatting). Ketiga jenis aplikasi paling populer ini justru yang paling memakan pulsa paling besar.

Ketiga hal itu memang saya lakukan betul-betul kecuali keadaan darurat saya kadang memang menggunakan free mail Web. Tapi itu hanya dilakukan hanya dalam keadaan sangat terpaksa, biasanya saya menyambungkan laptop saya ke Internet di hampir setiap kota di Indonesia kebetulan saya menggunakan Indo.Net yang mempunyai banyak port di kota-kota lain seperti hal-nya wasantara.net & telkom.net.

Apa yang saya lakukan kemudian? Mari kita bagi dalam dua hal / masalah yaitu untuk akses e-mail dan akses Web. Untuk e-mail saya menggunakan account POP e-mail di ISP yang saya bayar Rp. 30.000 / bulan merupakan bagian dari jasa ISP kepada pelanggan-nya. Kelihatannya mahal karena kita bayar Rp. 30.000,- tapi dengan membayar tadi saya bisa menggunakan e-mail client software seperti Outlook Express, Eudora dll. untuk mengatur semua mail saya. Saya dapat mengetik / mempersiapkan semua berita secara offline. Demikian juga pada saat anda membaca mail, karena Outlook Express & Eudora memungkinkan untuk menyimpan semua mail anda di harddisk lokal maka anda dapat membaca mail secara offline tanpa perlu takut agro / pulsa telepon. Dengan cara sederhana ini maka sangat menghemat pulsa Telkom yang sangat mahal.

Pulsa telkom hanya digunakan pada saat proses pengiriman & pengambilan mail saja. Cara-nya pun sederhana sebetulnya -setelah semua berita siap untuk dikirim, maka kita cukup menekan tombol send & receive di Outlook Express untuk mengirimkan dan mengambil semua mail dari ISP. Outlook Express bisa di set agar hubungan ke ISP langsung secara automatis putus (auto-disconnect) sesaat setelah semua mail sudah dikirim dan mail dari POP account di ISP sudah di ambil.

Bayangkan untuk mengirim / menerima sekitar 200-600 mail saya hanya membutuhkan waktu sambungan ke ISP melalui telkom sekitar  5 (lima) menit saja. Biaya per menit ke Internet sekitar Rp. 150 / menit (Rp. 75 untuk Telkom & Rp. 75 untuk ISP-nya) Artinya per hari saya mengeluarkan biaya Rp. 1000-2000 untuk e-mail saya, sebuah biaya yang murah untuk mengirim 600-an mail / hari.

Berbeda dengan jika anda menggunakan e-mail seperti hotmail.com, yahoo.com, usa.net yang semua-nya berbasis Web. Untuk “free” e-mail yang berbasis Web tersebut maka mau tidak mau anda harus menyalakan telepon & menghubungkan diri ke Internet pada saat membaca mail, menulis jawaban, menulis mail, mengirim mail. Saya yakin dalam waktu 5 menit paling banter anda hanya bisa mengirim / membaca sekitar 2-5 surat saja. Tentunya hal ini akan berdampak sangat buruk pada tagihan pulsa Telkom maupun ISP anda.

Yang lain yang sering membuat orang pusing adalah kalau anda hanya punya satu komputer yang dipakai bersama-sama bagaimana cara-nya supaya mail setiap orang berbeda dan tidak dibaca oleh yang lain? Di Windows98 sudah di sediakan fasilitas untuk multi-user baik windows-nya yang multi-user maupun di microsoft outlook express-nya fasilitas tersebut memungkinkan satu buah PC digunakan beramai-ramai oleh banyak orang tanpa bisa satu orang membaca mail orang yang lain karena di proteksi menggunakan password.

Bagaimana dengan akses Web? Terus terang saya hanya akan mengakses web jika sangat di perlukan sekali. Biasanya menggunakan komputer teman di kantor-nya atau di kampus atau di warung internet. Itupun caranya dalam waktu satu jam browing yang saya lakukan sangat standar sekali, yaitu menggunakan search engine seperti http://www.yahoo.com, http://www.infoseek.com masukan keyword yang sangat spesifik sampai menemukan artikel / paper yang saya butuhkan. Biasanya keyword yang paling mujarab adalah FAQ & whitepaper untuk menemukan ilmu-ilmu yang terpendam di Internet. Langsung di klik menuju URL yang di tuju, saya tidak akan membaca secara detail informasi yang di peroleh pada saat browsing tapi saya akan mengirimkannya melalui e-mail ke account saya di indo.net semua halaman / informasi yang saya peroleh pada saat browsing dengan cara itu saya bisa membaca semua informasi setelah semua masuk ke laptop saya via e-mail dan tidak perlu takut argo berjalan.

Jika anda menggunakan PC / laptop sendiri untuk browsing fasilitas sinkronisasi di internet explorer akan sangat membantu untuk me-nyedot informasi dari Web untuk nantinya dibaca secara offline. Hal ini sering saya lakukan menggunakan laptop saya. Jadi fasilitas sinkronisasi akan menyedot semua URL yang saya spesifikasikan dan dapat saya set supaya nanti-nya dapat dibaca secara offline. Dengan cara itu sangat effisien untuk menghemat pulsa juga.

Kira-kira demikian sebagian besar strategi yang saya gunakan untuk menghemat pulsa. Mudah-mudahan hal yang sama dapat berlaku untuk anda & keluarga anda. Memang saya tahu kebanyakan adik-adik khusus-nya mahasiswa / siswa SMU yang masih ABG sangat suka sekali untuk chatting, saya sangat menyarankan untuk membuat sarana diskusi tersebut melalui e-mail dengan menggunakan mailing list seperti di egroups.com karena akan jauh lebih murah daripada diskusi chatting yang membuang pulsa yang mahal.

0 comments:

Post a Comment