May 9, 2010

Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah fase penting untuk mendapatkan pekerjaan. Bila Anda dapat membuat perekrut terpukau, kemungkinan besar posisi yang diinginkan  sudah di tangan Anda. Sayangnya, satu kesalahan kecil saat wawancara juga bisa menghancurkan kesempatan mendapatkan pekerjaan. Untuk itu perlu adanya persiapan matang sebelum wawancara.

Berikut ini beberapa strategi dalam mempersiapkan diri dalam wawancara pekerjaan yang diungkap Helene Lerner, pemilik web womenworking.com.

1. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari segala informasi mengenai perusahaan tempat Anda melamar. Cari tahu seluk-beluk nya mulai dari sistem kerja hingga kelebihan perusahaan. Tulis juga catatan tentang pandangan pribadi Anda mengenai perusahaan itu.

Hal ini akan membuat Anda terlihat serius untuk masuk sebagai bagian dari perusahaan. Selain itu, Anda juga tak akan terlihat bingung saat diberi pertanyaan seputar perusahaan.

2. Jangan lupa untuk mengungkapkan kelebihan Anda, dan bagaimana kelebihan itu akan menguntungkan perusahaan. Misal: Saya merupakan public speaker yang baik, dengan kemampuan itu, saya bisa membawa perusahaan ini ke arah lebih baik.

3. Jangan putus asa ketika mengetahui bahwa posisi yang tersedia di perusahaan tidak sesuai dengan Anda. Tetaplah memberi kesan yang baik. Tunjukkan bahwa Anda bersedia mempelajari bidang yang ada demi perusahaan. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk dipindah ke bidang yang disuka karena ketekunan dan sikap loyal.

4. Wawancara kerja layaknya ujian sekolah. Tak ada salahnya untuk meminta bantuan teman dan memintanya berpura-pura menjadi atasan yang melakukan interview. Minta ia mengajukan pertanyaan yang mungkin ditanyakan saat wawancara. Hal ini akan membantu Anda menjawab dengan lancar saat wawancara yang sesungguhnya.

Semoga berhasil!

Reactions:

0 comments:

Post a Comment