Feb 6, 2010

Langkah awal memulai bisnis di internet dengan blog

Langkah awal memulai bisnis di internet dengan blog

Bisnis di internet memang sedang booming. Banyak situs yang memberikan tips dan trik untuk memulai bisnis melalui media blog. Sebelum kita memulai bisnis yang cukup menggiurkan, ada kalanya kita mengenal apa itu blog. Blog bisa disebut web log. Padanan kata ini kemudian berubah menjadi blog. Blog merupakan media untuk berekspresi, menghasilkan sesuatu untuk orang lain, merubah kehidupan, berbagi pengetahuan atau apasaja yang ingin kita publikasikan kepada orang lain.


Apa yang membedakan blog dengan situs biasa?

Blog bisa disebut sebagai buku diary (nolmalnya website juga), hal ini menjadikan blog lebih fleksibel dan mudah diupdate kapan pun Anda mau, asalkan terdapat koneksi internet. Blog mengizinkan orang lain memberikan komentar, karena blog adalah pembicaraan. Berbeda dengan situs biasa, website biasa tidak dapat mengupdate setiap saat kecuali menggunakan CMS (Content Management System) seperti Joomla, Mamboo atau pun Wordpress.

Saya harus mulai dari mana ?

Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan jasa blogging gratis seperti www.blogger.com, www.wordpress.com, www.multiply.com dan lainnya. Bila Anda mendaftarkan kedalam situs yang saya sebutkan tadi, maka Anda akan mendapatkan nama domain berupa nama-blog-Anda.blogspot.com bila Anda mendaftar di www.blogger.com. Bila Anda mendaftar di www.wordpress.com, Anda akan mendapatkan nama domain berupa nama-blog-Anda.wordpress.com.

Apabila anda ingin menggunakan nama domain sendiri yang berakhiran .com, .net, .org, atau lainya, Anda dapat membeli nama domain di situs penyedia domain. Seperti nama-domain.com, webhosting.com, atau lainnya. Anda akan mendapatkan nama situs seperti nama-anda.com, nama-anda.org.

Bisnis internet Apa yang mungkin akan menghasilkan ?

1. Bisnis menjual produk di internet

Bisnis yang menjual produk seperti biasa, Anda hanya memanfaatkan Internet untuk memajang produk, mengatur sistem pemesanan dan pembayaran secara online. Biasanya disebut dengan e-commerce. Contoh, Amazon.Com yang menjual buku, cd, software dan berbagai produk di Internet. Contoh di Indonesia adalah Bhinneka.Com, yang menyediakan produk komputer dan periferalnya yang memungkinkan transaksi lewat Internet. Bisnis ini juga bisa dilakukan oleh individual, misalnya seorang programmer yang menjual sendiri aplikasi, template, themes, module, maupun plugin yang dia kembangkan, melalui situs pribadinya. Biasanya sang penjual menggunakan sistem e-commerce seperti zencart dan oscommerce yang selain memiliki fitur katalog produk, juga memungkinkan pembayaran secara online dengan payment gateway seperti paypal, 2checkout.com, dsb. Sekali lagi bahwa produk yang dijual ini bisa berupa, buku, majalah, ebook, software, dokumen, mebel, alat elektronik, komputer, handphone, dsb.

2. Bisnis menjadi publisher iklan di internet

Situs web atau blog yang kita bangun harus unik, anti kerumunan (belum banyak dikerjakan orang lain), dan harus bisa menarik pengguna internet untuk mengunjunginya. Dengan kata lain, kita harus bisa membuat situs yang memilik traffic tinggi, karena disinilah kekuatan bisnis Internet jenis ini. Semakin tinggi traffic situs kita, semakin tinggi pendapatan yang kita terima karena semakin banyak pemasang iklan yang mau memasang iklan di tempat kita.

A. Program Afiliasi

Program dimana pemilik situs web atau blog akan mendapatkan komisi (atau hadiah) apabila terjadi transaksi antara perusahaan pemilik program dengan pembeli produk yang diiklankan oleh pemilik situs atau blog.

Contoh program afiliasi seperti Amazon.com, linkshare.com, clickbank.com, cj.com
sitesell.com, clicksor.com dan masih banyak lagi.

B. Program Advertising

Program dimana pemilik situs web atau blog akan mendapatkan uang dengan memasang iklan dari pemilik program. Besar uang yang diterima tergantung dari peraturan yang dibuat oleh pemilik program. Jenis program advertising ini bisa Cost per 1000 Impression (CPM) atau Pay Per Click (PPC). Ada juga yang menerima pembayaran per bulan untuk iklan banner dengan berbagai ukuran.

Contoh program Adversiting seperti Google Adsense, fastclick.com dan valueclickmedia.com. Ada juga yang lainnya seperti

- text-links-ads.com
- crispads.com
- onemonkey.com
- vibrantmedia.com
- yesadertising.com
- searchfeed.com
- industrybrains.com
- doubleclick.com
- kanoodle.com

Sudah siap memulainya ?

Jadikan langkah awal dengan membangun di situs blog gratisan, seperti www.blogger.com atau www.wordpress.com. Apabila semakin matang dengan bisnis di internet, Anda dapat membeli nama domain dengan nama anda sendiri. Tujuannya menggunakan domain sendiri adalah untuk memudahkan orang lain mengingat situs anda.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment