Feb 19, 2010

Board Game, Lebih Dari Sekadar Bermain

Jakarta - Ular tangga, ludo, halma adalah beberapa permainan papan (board game) klasik yang mungkin pernah mewarnai kehidupan kita. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, board game mulai kita lupakan, konsol-konsol permainan elektronik, serta online-gaming menjadi sebuah trend baru di tengah-tengah masyarakat kita.

Tanpa kita sadari, di berbagai negara Eropa, Amerika, juga Asia (Jepang, Korea, Singapura, Malaysia), board game berkembang dengan sangat pesat. Selama tiga dekade terakhir, Jerman telah menjadi negara pusat penghasil board game yang paling terkenal, bahkan kemudian memunculkan satu genre board game tersendiri yang dikenal dengan nama German style board game.

Keunikan German Style board game terletak pada mekanisme permainan serta desainnya yang sangat kreatif. Mekanisme permainan yang disuguhkan umumnya menuntut para pemain untuk aktif berkomunikasi serta menitik beratkan pada strategi permainan (bukan cuma keberuntungan).

Desain yang ditampilkan pada setiap materialnya (papan, kartu, token) juga sangat menarik dan menjadikan German style board game sebagai fasilitas hiburan alternatif yang sangat bermutu. Berbagai penelitian juga mengungkap manfaat serta kelebihan board game dalam merangsang kreativitas dan kemampuan berkomunikasi.

Teknologi Terbaru

Sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan industri board game, sejak tiga tahun terakhir berbagai board game ternama sudah mulai diadopsi untuk bisa dimainkan di konsol-konsol permainan elektronik bahkan handphone, salah satunya adalah board game paling terkenal: The settlers from Catan.

Bahkan baru-baru ini, Mike Rooke and Professor Vertegaal, peneliti di Human Media Lab (HML) Universitas Queen Ontario Kanada telah berhasil mengembangkan satu teknologi baru yang mampu mentrasformasikan berbagai kelebihan permainan elektronik ke dalam board game.

Dalam demonstrasinya, dibantu dengan overhead projector dan kamera, teknologi ini mampu menjadikan papan hexagonal putih kecil (yang menjadi dasar permainan The settlers from Catan) sebagai sebuah mini komputer yang mampu menampilkan berbagai animasi/video serta mendukung mekanisme permainan yang diperlukan (interaktif). Pemanfaatan teknologi ini tentu tidak terbatas pada board game, tetapi yang pasti teknologi ini akan membuat board game menjadi semakin menarik dan menantang.


Melihat berbagai peluang yang ada, mungkin sudah waktunya industri kreatif Indonesia juga bisa mulai ikut mengembangkan board game sebagai salah satu produk kreatifnya. Berbagai komunitas pencinta board game lokal telah mulai berkembang secara pesat (di antaranya: kummara.com(munity) dan indoboardgames) dan membuka satu peluang pasar yang cukup menjanjikan.

Selain itu, bermain akan selalu menjadi kebutuhan dasar manusia, dan board game bisa menjadi satu alternatif alat permainan terbaik untuk kita semua.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment