Aug 28, 2010

Apa yang membedakan blog dengan website ?

Banyak pendapat berbeda yang menjelaskan tentang blog. Saya ingin menjelaskan blog
dengan membandingkanya denga website “normal”. Sebenarnya blog sendiri adalah
sebuah website (dan memang begitu, blog sebenarnya adalah – sebuah website). Blog
adalah website yang mempunya beberapa perbedaan kunci, antara lain:

1. Artikel di tampilkan secara kronlogis dengan artikel paling baru berada paling atas.

Ini adalah bagian yang paling konsisten dari setiap blog yang pernah saya kunjungi. Artikel ditampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, dimulai dari bagian atas untuk artikel yang paling baru diikuti kemudian dengan artikel yang lebih lama, dan seterusnya.


Format ini adalah warisana dari aspek “jurnalistik” dari blog yang merupakan diary online atau jurnal. Diary mempunyai isi yang dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula blog bekerja.

2. Mudah untuk menambahkan konten baru
Website normal mempunya satu masalah kronis yang menghalangi orang untuk menambahkan konten baru – yaitu terlalu teknis. Meskipun sudah CMS (Content Management System) yang canggih, pembuatan website masih diluar jangkauan pengguna web umumnya.

Blog sudah mengubah hal ini. Mereka menyediakan sebuah sistem publikasi konten yang begitu mudah digunakan oleh kebanyakan pengguna web, dengan sedikit latihan, mereka bisa mempublish konten ke World Wide Web. Ketika publikasi konten menjadi semudah menulis email, kendala untuk masuk sudah sangat rendah dan saat ini kita mempunya sebuah dunia yang terisi juataan blog.

3. Konten sering terupdate
Masalah besar lain yang menjadi wabah pada website tradisional adalah sifat statis mereka. Kebanyakan website tidak pernah berubah dan anda selalu kembali ke halaman-halaman yang sama dengan isi yang sama. Alasan untuk hal ini adalah poin ke dua di atas – sangat sulit bagi kebanyakan orang untuk menamahkan konten pada sebuah website.


4. Blog mengijinkan orang untuk meninggalkan komentar.

Evolusi besar yang bisa dilihat dari blog dibandingkan dengan website tradisional adalah tambahan fungsi komentar. Disetiap artikel yang di publiskasikan di blog mempunyai kotak yang mengijinkan siapapun untuk memberikan komentar pada artikel tersebut.

5. Orang-orang “mempercayai” blog lebih dari website normal karena blogging adalah pembicaraan.
Jika anda mengkombiasikan seleuruh elemen dia atas – penulisan gaya jurnal pribadi, kemudahan untuk menambahkan konten yang menyebabkan sering terupdate, dan kemampuan untuk berinteraksi denga para pembaca anda – anda punya formula untuk sebuah alat komunikasi yang sangat natural.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment