Nov 19, 2010

Antimateri Benar Benar ada.

Antimateri telah temukan oleh para ilmuwan untuk pertama kalinya dalam sebuah terobosan fisika yang kemudian muncul dalam Film Hollywood Angels & Demons. Peneliti di Pusat Riset Nuklir Eropa (CERN), di Jenewa mengklaim bahwa mereka telah menangkap puluhan hidrogen atom "antimateri", suatu kemajuan teknis yang secara signifikan meningkatkan penelitian tentang antimateri yang menjadi salah satu teka-teki besar fisika partikel. Namun 38 atom anti-hidrogen yang ditangkap oleh para ilmuwan untuk satu seperenam detik tidak akan menimbulkan ancaman bagi Vatikan seperti yang digambarkan dalam film. Juga tidak bisa mereka gunakan untuk mengendarai kapal luar angkasa, seperti digambarkan dalam Star Trek.
 
 Meski partikel tersebut terus dipuji sebagai terobosan besar yang bisa membantu fisikawan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang sifat dan asal-usul alam semesta. Hal ini juga bisa membantu mengungkap salah satu misteri besar yang belum terpecahkan tentang alam semesta. ''Ini adalah penemuan besar, "kata Prof Rob Thompson, kepala fisika dan astronomi di University of Calgary, yang merupakan salah satu ilmuwan yang memimpin proyek ini.
"Itu bisa memungkinkan percobaan yang menghasilkan perubahan dramatis dengan tampilan aktif fisika fundamental atau dalam konfirmasi dari apa yang sudah kita tahu sekarang."
Berdasar teori yang diuraikan pada tahun 1931 oleh fisikawan
eksentrik Inggris Paul Dirac, antimateri adalah materi biasa secara terbalik.Ketika energi berubah menjadi materi, itu akan menghasilkan sebuah partikel dan citra cermin nya - disebut anti-partikel - yang memegang muatan listrik yang berlawanan. Atom biasanya terdiri dari inti nuklir yang bermuatan positif dan eletron bermuatan negatif .antimateri dari atam akan mengubah inti nuklir menjadi bermuatan negatif  dan elektron menjadi bermuatan positif. Bila terjadi penggabungan dan partikel antimateri bertemu mereka langsung memusnahkan satu sama lain dalam sebuah ledakan besar energi.  
Untuk alasan inilah, antimateri telah lama menjadi barang dari fiksi ilmiah sehingga menginspirasi Holywood menjadi kapal luar angkasa reaktor antimateri  "Enterprise" seperti dalam serial TV Star Trek, dan dalam Angels & Demons dimana ada sebuah masyarakat rahasia yang menyembunyikan sebuah bom antimateri di bawah Basilika Santo Petrus di Roma.
Secara teoritis, satu pon tunggal antimateri akan mengandung kekuatan yang lebih merusak daripada bom H
idrogen terbesar.Tetapi menciptakan dan menangkap meski sejumlah kecil antimateri sangat mahal dan sulit sehingga kemungkinan untuk digunakan untuk membuat senjata pemusnah sangatlah kecil.
Penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature, melibatkan para ilmuwan yang bekerja di CERN yang memainkan peran penting dalam Angels & Demons.Dalam dunia fiksi, dari sinilah awal dari teroris yang mencuri antimateri untuk
digunakan membuat bom mereka.
Pada kenyataannya, tim CERN internasional telah berhasil memproduksi atom anti-hidrogen dan  yang lebih penting - menjaga cukup lama untuk dipelajari.
Alpha (Anti-hydrogen Laser Physics Apparatus) adalah  percobaan yang menggunakan teknik tertinggi untuk mendinginkan antiproton bermuatan negatif - versi kebalikan dari inti hidrogen - dan memadatkan mereka ke dalam sebuah gumpalan sebesar batang korek api berukuran panjang 20 milimeter dan
dengan diameter. 1,4 milimeter
Ini kemudian diperkenalkan ke gumpalan dingin serupa dengan positron,
antimateri.elektron. Kedua jenis partikel dikombinasikan untuk membentuk atom antimateri hidrogen yang berhasil terjebak di dalam botol magnetik untuk seperenam detik. Usaha-usaha sebelumnya untuk menciptakan antimateri hanya berhasil menghasilkan atom anti-hidrogen begitu singkat bahwa mereka hampir tidak ada.
''Kami telah mampu menjebak sekitar 38 atom, yang merupakan jumlah yang sangat kecil, tidak seperti apa yang kita perlu menjadi tenaga kapal luar angkasa  Star Trek "
Enterprise "atau bahkan untuk memanaskan secangkir kopi, "kata Prof Thompson. ''Sekarang kita bisa mulai bekerja pada langkah berikutnya yaitu menggunaannya untuk dipelajari.''
Jeffrey Hangst, fisikawan, dari University of Aarhus, Denmark, menambahkan: "Untuk alasan yang tidak ada seorangpun mengerti, alam mengsampingkan antimateri.
"Oleh karena itu sangat bermanfaat, dan sedikit berlebihan, untuk melihat  kinerja perangkat ALPHA dan
mengtahui bahwa ia mampu membuat isinya stabil sehingga atom antimateri tetap netral. Ini mengilhami kami untuk bekerja  lebih keras untuk melihat apakah antimateri memiliki beberapa rahasia." para ilmuwan percaya, ketika Big Bang melahirkan alam semesta hampir 14 miliar tahun lalu, jumlah yang sama dari materi dan antimateri diciptakan. Tetapi hari ini kosmos sepenuhnya didominasi oleh materi biasa. Hal ini baik, karena jika tidak alam semesta akan menjadi tempat yang sangat berbahaya untuk hidup. Namun, para ilmuwan telah lama bertanya-tanya di mana semua antimateri telah hilang. Profesor Mike Charlton, anggota tim Inggris dari Universitas Swansea, mengatakan:''Hidrogen adalah yang paling sederhana dari semua atom dan anti-hidrogen adalah jenis antimateri termudah untuk dihasilkan di laboratorium. dengan memahami ini diharapkan akan memungkinkan kita untuk menjelaskan mengapa hampir segala sesuatu di alam semesta terdiri atas materi dan bukan antimateri.''
 

Reactions:

0 comments:

Post a Comment