Aug 15, 2010

Tambahan untuk homepage anda

Tambahan untuk homepage anda


Anda bosan dengan home page anda yang biasa-biasa saja ?
Sering melihat homepage yang unik di internet ? Selain menguasai semua perintah HTML, sangat diperlukan daya kreativitas yang sangat tinggi. Namun anda juga dapat melakukannya hanya dengan HTML editor instant ( Netscape Editor , Hotdog , Microsoft Front Page , Microsoft Word 97 dll.) yang sering kali mempunyai fasilitas yang cukup fantastis. Karena pada dasarnya prinsip pembuatan homepage itu hampir sama, tinggal bagaimana sang kreator mengaktualisasi kreativitas diri pada homepagenya. Berikut adalah beberapa tambahan yang bisa digunakan untuk homepage anda.

A. LATAR
Survey membuktikan bahwa warna latar dari sebuah homepage ternyata sangat berperan dalam memberi kesan pertama pada mengunjung homepage anda. Bila warna latar terlalu dominan hingga membuat text tidak dapat dibaca sama sekali , tentu saja akan memberi kesan buruk bagi pengunjung. Amat disayangkan bila ternyata isi homepage anda sangat bagus / menarik menjadi mubazir hanya karena faktor warna latar.
Umumnya, bila anda berkeinginan membuat halaman anda lebih atraktif dan menarik, anda dapat mengganti warna latar dengan gambar (Gambar background). Maksud gambar background di sini adalah menggunakan gambar sebagai pengganti warna sebagai latar. Gambar ini kelak akan menimpa (overide) warna latar yang telah anda gunakan.
File yang umum digunakan adalah file yang memiliki format GIF (Graphic Interchange Format) dan JPEG (Joint Photographic Engineering Group). Internet Explorer sendiri mensupport PNG (Portable Network Graphic) dan BMP.
Namun, agak kurang bijaksana bila anda menggunakan gambar berukuran satu layar penuh sebagai latar belakang..Meski gambarnya sangat indah namun hal ini akan membuat pengunjung yang memiliki akses koneksi lamban menjadi stress akibat lamanya proses downloading.
Tentu akan lebih baik bila anda menggunakan background gambar yang berukuran kecil (yang akan dibaca oleh browser sebagai tile). Sehingga proses download tidak memakan waktu lama. Anda bisa menggunakan cara men-tile gambar (seperti wall paper Window ), atau menggunakan gambar tile sehingga homepage anda seolah-olah memakai frame , yaitu dengan men-tile gambar yang berada di pinggir kiri .
Suatu bentuk format gambar yang berkembang pesat di dunia internet , (hampir semua homepage menggunakannya) adalah format GIF animasi. Prinsip dari format ini adalah menampilkan satu gambar yang seolah-olah dapat bergerak , yang sebenarnya disusun dari berbagai gambar. Untuk merancang GIF jenis ini , anda dapat menggunakan program GIF ANIMATOR yang dapat anda download gratis dari internet..

B. MENAMBAHKAN BACKGROUND SUARA
Ingin menambahkan suara / lagu bila seseorang mengunjungi homepage anda ? Hal ini dapat.dilakukan untuk membuat semarak homepage anda. Hal ini sudah disupport oleh Netscape maupun Internet Explorer yang memiliki fasilitas plug-in standard.
File yang dapat dimainkan sangat bergantung pada plug-in yang terinstall pada browser anda. Tipe file yang umumnya sering digunakan adalah : MIDI (*.MID) , WAV (*.WAV) dan AU (*.AU).
Dengan HTML editor advance atau Netscape Editor , cukup anda tambahkan salah satu statement dibawah ini:

, atau
,atau
, atau

Penggunaan BGSOUND tidak terlalu dianjurkan mengingat browser Netscape Navigator yang tidak mampu menampilkannya.

HIDDEN (TRUE)
menandakan bahwa plug-in tidak akan ditampilkan di layar browser.
AUTOSTART (TRUE)
menandakan bahwa lagu akan segera di mainkan segera begitu ada yang mengakses homepage anda.
BORDER dan HEIGHT
mengatur ukuran plug-in (x dan y dalam satuan pixel).
LOOP
Atribut ini menunjukan berapa kali file suara ini di ulang (loop) ketika homepage diakses. Bila diisi dengan INFINITE, maka file suara akan diulang sampai pengakses pindah ke link lain / memutuskan hubungan..
Lebih mudah lagi bila Anda menggunakan Microsoft Front Page , anda cukup mengklik INSERT >> OTHER COMPONENT >> PLUG-IN. untuk memunculkan menu plug-in properties. Di menu ini anda tinggal mengisi kotak-kotak form yang kosong dengan nama file, fasilitas hiden , ketebalan border , ukuran dsb.
Maka ketika pengunjung mengakses homepage anda, plug-in yang ada pada browser akan segera menjalankan file suara ini. Tentu saja anda maupun pengunjung harus memiliki minimal perangkat multimedia (Misal: SB16 , AWE 32 dll.) bila ingin mendengar file suara ini dimainkan.

C. IN LINE VIDEO
Anda dapat digunakan untuk memasang fiile film AVI (Audio Video Interleave) pada dokumen html . Ini dapat dilakukan dengan tambahan attribut DYNSRC (Dynamic Source) ke . Dengan menggunakan IMG elemen , maka sudah mungkin untuk menambahkan video klip di halaman page anda . (Akan dapat di lihat secara on-line dengan menggunakan Microsoft Internet Explorer) , namun bagi browser lainnya, maka hanya akan ada tampilan berupa gambar (biasanya GIF animasi).

DYNSRC sendiri berfungsi sebagai memanggil file film yang akan ditampilkan di halaman html.
Misalkan:
Internet Explorer akan menjalankan file film "Namida.avi", sementara browser lain akan menampilkan gambar "Nori.Gif"
Atribut lainnya:

START
Atribut yang akan menunjukkan kapan file akan dijalankan.. Dapat di set ke FILEOPEN (default) or MOUSEOVER. FILEOPEN berarti video akan dijalankan segera setelah dibuka. MOUSEOVER berarti file akan dijalankan setelah kursor mouse melewati gambar animasi.

CONTROLS
Attribut ini menunjukkan apakah menu untuk in line video ini akan ditampilkan di window. Sehingga user dapat mematikan , menjalankan video di homepage anda.

LOOP
Seperti file suara, LOOP menunjukkan berapa kali video klip akan me-loop ketika diaktifkan. Jika LOOP=INFINITE , maka file video akan diulang sampai pengunjung meninggalkan homepage anda / memutuskan koneksi..

LOOPDELAY
Menunjukkan dalam mili-detik , berapa lama video klip akan menunggu sebelum me loop ulang. (Setelah file selesai dimainkan).

D. MENDETEKSI BROWSER PENGUNJUNG
Hal ini sangat berguna , karena anda dapat menggolongkan pengunjung homepage anda , apakah menggunakan Internet Explorer 3.0 ke atas atau Netscape 2.0 ke atas. Akan menjadi sia-sia isi homepage anda menggunakan aplikasi untuk ActiveX (yang hanya jalan di Internet Explorer 3.0 ke atas ) bila ternyata pengunjung homepage anda menggunakan Netscape. Kelak bila homepage anda memasang script ini, maka anda dapat mengarahkan pengunjung homepage ke halaman yang sesuai dengan browser yang mereka miliki.
Listing Script di bawah ini berguna untuk mendeteksi apakah pengunjung memakai Internet Explorer atau bukan. ( Java Script terdeteksi baik di Internet Explorer ataupun di Netscape Navigator / Communicator )




Prinsipnya, script di atas menggunakan navigator.userAgent object untuk memeriksa apakah string "MSIE" ada di posisi 25 di navigator.userAgent string. Jika ya, berarti Browser pengunjung adalah Internet Explorer v3.0 ke atas ,dan yang akan di-load adalah dokumen index2.html. Jika tidak , maka pengunjung akan diarahkan pada dokumen others.html.
Yang akan diarahkan ke dokumen others.html adalah :
Mozilla/2.0 (kompatibel;SIE 3.0A;Windows 95)
Mozilla/3.0b5 (Win95;l)

E. MEMBUAT LINK DENGAN PERINTAH MAP

Pernahkah Anda melihat suatu homepage yang memiliki link berupa satu gambar yang di dalamnya terdiri dari banyak link ? Mereka menggunakan perintah MAP pada homepage mereka. Dengan menggunakan MAP anda dapat membagi-bagi daerah di gambar dan mengindikasikan kemana link itu akan tertuju:
Contoh untuk gambar berukuran 400 pixel kali 300 pixel yang akan menggunakan Map dengan bentuk RECT.
Gambar contoh yang akan di Maping
Ini anda ingin membuat link dari bagian-bagian gambar tersebut , tambahkanlah HTML tag berikut :

Photo saya !







NAME menunjukkan nama dari Map sehingga memberi informasi pada
SHAPE menunjukkan bentuk dari area Map itu. Pilihannya dapat berupa RECT , CIRCLE dan POLY (default RECT).
COORD adalah koordinat dari besarnya SHAPE dalam satuan Pixels.
Untuk RECT koordinatnya adalah x-kiri , y-atas, x-kanan, y-bawah.
Untuk CIRCLE koordinatnya adalah x , y dan radius.
Untuk POLY , koodinatnya terserah anda, (x1,y1,x2,y2,x3,y3….)
Daerah digambar yang tidak ditentukan oleh AREA dianggap termasuk NOHREF.
Atribut NOHREF berguna untuk mengindikasikan bahwa di daerah ini tidak dilakukan tindakan apapun.
Untuk mengetestnya , anda dapat mencobanya di browser. Coba untuk melewatkan kursor anda pada gambar yang telah di map , dan coba klik. Maka , dokumen yang telah anda link , akan segera di load.


F. JAVA SCRIPT DAN JAVA
Java dan JavaScript itu jelas berbeda. Karena Java sendiri adalah bahasa pemrograman yg dikembangkan oleh Sun Microsystem, Inc. dari bahasa C++. Berbagai contoh applet Java serta sumber-sumber informasi lain mengenai Java, bisa didapat di http://www.gamelan.com/ .Berikut adalah contoh program Java sederhana yg akan menampilkan teks "Java and JavaScript".

import java.applet.*;
import java.awt.*;

class CobaJava extends Applet
{ public void paint(Graphics g)
{ g.drawString("Java and JavaScript",20,20); }
}

Save program tsb dengan file extension .java lalu dicompile. Apapun jenis compiler yg digunakan, akan diperoleh suatu applet dengan file extension class. Dan untuk menampilkan applet ini dalam web page, gunakan tag . Jelas beda dengan JavaScript yg menggunakan tag

Reactions:

0 comments:

Post a Comment