Jul 20, 2010

Waspadai E-Mail Asing Google, Hallmark dan Twitter!

Berhati-hatilah jika kita menerima kiriman email asing, yang mengatasnamakan Google , Hallmark, atau Twitter. Sebuah malware berbahaya, diduga menyusup untuk menyerang sistem jaringan dalam hitungan jam.

Kabar tersebut berasal dari perusahaan keamanan online eScan. Dikutip detikINET dari Techtree, Selasa (30/3/2010), para ahli eScan mengungkap bahwa gelombang serangan spam baru ini menggunakan varian dari trojan bernama Vundo dan Buzus.

Pengguna internet diharap waspada jika menerima email disertai attachment dengan judul sebagai berikut:

  • 'You have received A Hallmark E-Card!'
  • 'Your friend invited you to twitter!'
  • 'Thank you from Google!'
  • 'Jessica would like to be your friend on  hi5!' 
  • 'Shipping update for your Amazon.com order 54-71546325-658732'
Pada dasarnya varian dari Vundo (disebut juga VirtuMonde/VirtuMundo) adalah trojan yang menginfeksi sistem browser kita. Ia akan menyebarkan isi pesan berupa spam iklan. Selain memanfaatkan nama twitter, nampaknya malware ini juga mengatasnamakan situs pertemanan hi5.

Jika PC kita telah terinfeksi, malware tersebut dapat juga menarik file asing secara otomatis, dan menyebarkannya secara cepat ke sistem jaringan. Untuk menghindari malware tersebut, eScan menyarankan agar pengguna memakai software keamanan orisinal, yang mengupdate sistem keamanan secara otomatis

Reactions:

0 comments:

Post a Comment