Jul 11, 2010

Tren situs pertemanan (Facebook)

Kenapa Facebook bisa begitu digemari orang. Barangkali hal-hal berikut ini yang jadi alasan. Alasan pertama adalah Privasi. Seorang anggota bisa mengatur berbagai informasi yang boleh tampil dan yang tak boleh tampil. Orang juga bisa mengatur apa saja yang bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat informasi (Profile). Alasan kedua adalah adanya “Feed” yang memberi tahu apa yang terjadi pada kawan. Misalnya:”Netrix and Ryan are now friends with Ikwan”,”Netrix is Le Noir’s 1st anniversary” dengan adanya “Feed” itu, orang bisa tahu dengan cepat apa ada yang terjadi dengan kawanya. “Feed” membuat terus-menerus orang online di Facebook dan mendorong orang menjadi lebih aktif.
Alasan selanjutnya adalah status yang bisa diubah-ubah. Ketika status berubah, orang dalam jaringan akan segera tahu dan mereka bisa berkomentar. Alasan keempat adalah mobilitas. Blackberry bisa diinstall aplikasi Facebook. Orang bisa mengakses facebook dari perangkat mereka. Bahkan Facebook punya versi untuk perangkat bergerak (Handphone) alamatnya http://m.facebook.com.
Alasan kelima adalah penyimpan foto yang bisa dibilang tanpa batas. Orang bisa memasukan 60 foto dalam sebuah album. Tapi, Facebook tidak menjelaskan jumlah album yang bisa dimiliki oleh seseorang. Facebook juga punya fitur untuk menandai foto, orang-orang dalam foto bisa diberi tanda. Kalau orang itu punya akun Facebook, setelah ditandai secara otomatis foto akan masuk dalam galeri foto dia. Alasan keenam adalah banyaknya aplikasi di Facebook. Jumlahnya bukan hanya banyak, tapi sangat banyak, walau kadang mungkin beberapa tak jelas apa fungsinya.
Fakta tentang Facebook.
1. Facebook punya lebih dari 150.000.000 pendaftar. HAH…
2. Jumlah pengguna yang aktif lebih dari 20.000.000. Wihh…
3. Separuh lebih pendaftar Facebook bukan orang kuliahan
4. Pengguna rata-rata memiliki 100 teman
5. Lebih dari 14.000.000 pengguna memperbaharui status minimal dalam sehari
6. Lebih dari 3.000.000 pengguna menjadi penggemar sesuatu
7. Jumlah foto yang di-upload lebih dari 800.000.000 perbulan. WOW…
8. Lebih dari 2.000.000 event dibuat setiap bulan
9. Facebook sudah diterjemahkan kedalam 15 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Masih ada 60 bahasa lagi yang masih dalam proses
10. Lebih dari 70% pengguna Facebook bertempat tinggal diluar Amerika
11. Ada lebih dari 52.000 aplikasi untuk Facebook dan aplikasi baru bertambah 140 per hari
12. Sekitar 95% pengguna menggunakan satu aplikasi dalam Facebook
Apakah anda sudah mendaftar facebook?

Reactions:

0 comments:

Post a Comment