Jul 20, 2010

Memburu Sunset dan Sunrise Lewat Google



Mau tahu kapan matahari terbit atau terbenam di suatu wilayah? Google memiliki sebuah cara sederhana untuk melakukan itu.

Saat mengunjungi suatu wilayah, ada kalanya kita perlu tahu kapan waktu matahari terbit dan terbenam di tempat itu. Kegunaannya cukup banyak, misalnya untuk memperkirakan kapan waktu Subuh berakhir dan Maghrib dimulai bagi pemeluk agama Islam.

Fungsi lainnya, ini akan berguna sekali bagi mereka yang mau melakukan sesi pemotretan. Mengetahui kapan waktu matahari tenggelam untuk dijadikan latar akan sangat membantu dalam membuat rencana pergi ke lokasi.

Nah, lewat Google, hal itu bisa dilakukan dengan langkah mudah berikut ini:

  1. Buka Google.com
  2. Ketikkan "sunrise [nama kota]" (tanpa tanda kutip, ganti [nama kota] dengan kota yang diinginkan). Contohnya: "Sunrise Jakarta" akan memunculkan informasi waktu 5:49 pm ditambah keterangan '6 hours 58 minutes from now' di bawahnya
  3. Untuk waktu matahari terbenam, ganti "sunrise" dengan "sunset"
Screenshot Sunset
Seperti banyak fungsi lain di Google, ada kalanya fungsi ini hanya bisa diakses jika pilihan Bahasa yang digunakan pada situs Google adalah Bahasa Inggris.

Fungsi serupa juga tersedia untuk informasi cuaca dan waktu di area tertentu. Caranya, cukup ganti kata "sunrise" atau "sunset" dengan "weather" untuk cuaca dan "time" untuk waktu.

0 comments:

Post a Comment