May 9, 2010

Ternyata Stress Juga Ada Manfaatnya!

Kata-kata bijak 'Di balik setiap masalah pasti ada hikmahnya' juga berlaku dengan stres. Di balik stres yang Anda alami, ternyata ada manfaat terpendam yang bisa berguna.

Semua orang pasti pernah stress. Ketika stress kita akan berusaha keras mencari penyelesaian dan jalan keluar.

Manfaat stress bisa biasanya datang setelah Anda melewati stress. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari stress.

Stress Membuat Orang Lebih Kreatif

Tekanan dalam hidup ataupun pekerjaan sering kali menyebabkan stress. Namun jika Anda bisa melewatinya, tanpa disadari ada terobosan dalam hidup yang Anda lakukan. Menurut Larina Kase, Ph.D., psikolog dan penulis buku The Confident Leader: How the Most Successful People Go from Effective to Exceptional, stress biasanya dilewati dengan terobosan kreatif. "Jika  pikiran kita dalam keadaan tenang dan santai, tidak ada alasan untuk melihat sesuatu dari perspektif lain," ujar Larina. Oleh karena itu, stress sekali-sekali diperlukan untuk membuat Anda menjadi lebih kreatif dalam menghadapi hal baru.

Stress Meningkatkan Sistem Imun

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dampak jangka pendek dari stress dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Hal tersebut diungkapkan oleh Mark Goulston, M.D., psikiater dan penulis buku Get Out of Your Own Way: Overcoming Self-Defeating Behavior. Hal ini disebabkan karena meningatnya hormon
cortisol atau dikenal sebagai hormon stress yang juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetapi bukan berarti terlalu banyak stress akan baik bagi Anda. Stress yang berlebihan justru berakibat buruk. Kelebihan hormon stress akan membuat obesitas pada perut.

Stres Menyehatkan

Dalam dunia olahraga, mengangkat beban dapat menyebabkan stress pada otot. Seperti otak yang bisa berpikir lebih kreatif, otot pun begitu. Saat otot-otot Anda stress akibat menahan beban yang Anda pikul, maka otot mengembang.

Salah satu cara mengatasi stress yang umum dilakukan adalah berolahraga. Penelitian menyebutkan, berolahraga membuat seseorang lebih tahan terhadap stress secara keseluruhan.

Stress Membuat Anak Aman

Sebuah penelitian dari Universitas Johns Hopkins menyatakan ibu yang mengalami stress dalam kehamilannya akan melahirkan anak yang lebih berkembang daripada ibu yang jarang stress. Namun perlu diketahui juga bahwa stress yang berlebihan dapat membuat seseorang menjadi ekstra waspada. Hal ini akan membuat orang tersebut menjadi rapuh dan kaku sehingga berkemungkinan melakukan hal-hal yang impulsif.

Stres Membuat Berkembang


Anda pasti sering dikejar deadline pekerjaan. Tiap kali si bos datang ke meja Anda, perasaan menjadi tidak karuan karena pekerjaan yang belum selesai. Tanpa Anda sadari di balik hal tersebut, stress yang Anda alami membuat Anda tetap semangat, fokus dan termotivasi. "Keberhasilan menangani stress adalah cara nomor satu untuk membangun rasa percaya diri dalam bekerja dan area lain dalam hidup Anda," ucap Dr. Kase.

Stress dalam beberapa hal memang bisa menimbulkan manfaat untuk Anda. Tapi stress berlebihan seperti telah disebutkan di atas juga akan membawa efek buruk. Kelola stress Anda dengan baik, cepat cari jalan keluar agar tidak berlarut-larut dan berakibat buruk pada kesehatan dan lingkungan sekitar.

bacaan lanjutan
The Relaxation & Stress Reduction Workbook (New Harbinger Self-Help Workbook)
Stress Management for Dummies
Stress Reduction for Busy People: Finding Peace in an Anxious World
Adrenal Fatigue: The 21st Century Stress Syndrome

0 comments:

Post a Comment