Dec 14, 2009

MERENCANAKAN RISET PASAR ANDA

MERENCANAKAN RISET PASAR ANDA

Apa yang harus anda pelajari tentang pasar anda? Sebelum anda memulai riset anda, buatlah sebuah rencana. Sebelum memulai riset, beberapa perusahaan riset pemasaran menulis laporan mereka, yang tentu saja masih belum lengkap. Hal ini membantu mereka untuk berkonsentrasi pada informasi yang ingin mereka cari.

Trend dalam pasar

Kondisi penjualan dalam pasar secara keseluruhan akan memiliki implikasi penting bagi kemampuan sebuah bisnis untuk mulai tumbuh, berkembang, atau hanya bertahan hidup.

Anda perlu mengetahui ukuran pasar untuk mendapatkan gambaran dan menentukan harapan mengenai seberapa besar produk atau jasa yang dapat anda jual. Apabila anda menjalankan bisnis renovasi rumah, kalkulasi anda bisa dijabarkan sebagai berikut: apabila, rata-rata orang mengeluarkan uang sebesar £ 110 per tahun untuk membeli produk-produk perbaikan rumah, dan apabila populasi pasar retail adalah 25.000 orang, total potensi pasar adalah (£ 110 x 25.000) = £ 2.75m. Dengan menggunakan data tahun lalu, anda dapat memperoleh gambaran mengenai kecepatan pertumbuhan atau kontraksi pasar.

Anda juga harus dapat mengidentifikasi apakah pasar anda statis atau berubah dengan cepat, dan apakah barang atau jasa yang anda tawarkan memiliki taraf permintaan yang stabil atau hanya sesuatu yang sedang ‘in’. Setelah anda masuk ke dalam bisnis, maka mengkombinasikan informasi ini dengan angka penjualan selama beberapa tahun terakhir akan membantu anda untuk melihat bagaimana pasar tersebut akan berkembang. Apakah pasar yang ada hanya musiman? Apakah permintaan akan konstan, atau apakah akan naik-turun? Apakah produk atau jasa lain merupakan penawaran yang komplementer atau kompetitif? Apa akibat dari reduksi atau kenaikan penjualan produk atau jasa mereka itu?

Apabila anda tahu bahwa pasar anda hanya musiman, anda dapat menyiapkan diri untuk masa-masa depresi: apakah anda akan konsentrasi untuk membuat iklan untuk mendongkrak penjualan? Apakah waktu surut tersebut dapat digunakan untuk membuat stock atau mencari konsumen untuk masa mendatang?

Apabila anda telah mengetahui trend pasar anda – misalnya mengenai kenaikan penjualan – apakah kenaikan penjualan tersebut dialami oleh seluruh segmen pasar, ataukah masing-masing segmen memiliki reaksi yang berbeda-beda? Misalnya, meningkatkan disposable income akan mendorong orang untuk membelanjakan lebih banyak uang di toko-toko, tetapi kemungkinan akan mengakibatkan sebuah penurunan di antara para pedagang dalam pasar.

Dari mana harus memulai. Informasi yang memadai dapat ditemukan di perpustakaan terdekat yang menyediakan laporan-laporan pemerintah dan statistik, laporan riset pasar, media teknis, direktori bisnis (lokal dan nasional), artikel-artikel, direktori telepon, brosur-brosur perusahaan, dan profil-profil daerah lokal.

Apabila anda yakin bahwa informasi tersebut tidak bias, dari sumber-sumber tersebut anda dapat memperoleh:

  • Informasi pasar: Ukuran, lokasi, tipe produk/jasa, pasar secara keseluruhan, trend-trend utama pasar, dan struktur penentuan harga.
  • Kompetisi: Berapa jumlah kompetitor lokal dan nasional, turnover product group (perpindahan kelompok produk), jasa-jasa, dan cabang-cabang? Apakah ada produk alternatif yang menawarkan keuntungan yang sama?
  • Konsumen: Tipe konsumen untuk berbagai produk/jasa, kebiasaan membeli/belanja, dan pilihan konsumen.
  • Trend masa depan: Dipengaruhi oleh, misalnya, perkiraan perubahan populasi, perkembangan teknologi, perubahan trend konsumen, perkiraan politik dan ekonomi.

Majalah dan koran perdagangan

Majalah-majalah perdagangan mengenai pasar yang anda pilih akan sangat berguna untuk memperoleh gambaran umum tentang aktivitas pasar saat ini – kompetitor, isu-isu dan pendapat aktual, distributor dan agen-agen aktif, serta layanan-layanan pendukung.

Perpustakaan umum

Perpustakaan umum adalah sumber informasi utama yang anda perlukan. Perpustakaan umum di kota-kota besar kaya akan informasi tentang berbagai topik, yaitu: direktori perdagangan, laporan-laporan pasar yang dijual untuk umum, statistik komersial dan pemerintah yang dipublikasikan, peraturan perundangan Inggris dan Eropa, katalog dan buku-buku referensi, laporan-laporan tahunan dari perusahaan-perusahaan besar, dan lain-lain. Akses informasi ini biasanya diberikan secara cuma-Cuma, walaupun mungkin anda perlu membayar biaya pencarian informasi bagi petugas perpustakaan, atau biaya layanan informasi atau database komersial on-line.

Asosiasi-asosiasi perdagangan

Banyak asosiasi perdagangan memiliki perpustakaan referensi sendiri. Dengan memiliki ‘senjata’ untuk memenuhi mengakomodasi kepentingan anggota-anggotanya, referensi ini tidalah seluas yang dimiliki oleh perpustakaan umum, tetapi kemungkinan memiliki informasi khusus yang tidak terdapat di tempat lain. Asosiasi-asosiasi ini sering melakukan penelitian mengenai pasar Ingris dan internasional dan mencari informasi yang berguna bagi anggota-anggotanya. Masing-masing asosiasi memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai harga perolehan informasi.

Bank

Bank adalah sumber data finansial seperti nilai tukar uang dan perkiraannya. Walaupun belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, bank-bank besar memiliki departemen-departemen yang melakukan riset pasar dunia dan trend ekonomi, mereka juga melakukan penilaian resiko perdagangan. Lakukan kontak dengan manajer bank anda untuk rincian pelayanan yang mereka berikan.

Link/jaringan bisnis

Link bisnis dikembangkan untuk memberikan layanan cepat untuk mengidentifkasi sumber-sumber bantuan atau dukungan bisnis. Link bisnis layak anda hubungi untuk mengetahui layanan atau bantuan bisnis apa sajakah yang tersedia di daerah anda, juga untuk mencari informasi tambahan yang bersifat khusus.

Euro Information Centres
(Pusat-pusat informasi Uni Eurpa)

Di berbagai daerah di Inggris, telah terdapat sebuah pusat informasi lokal yang dapat memberikan advis dan informasi mengenai dekrit dan undang-undang masyarakat Uni Eropa, skema pendanaan Uni Eropa, dan informasi komersial umum mengenai negara-negara anggota dari Uni Eropa. Kontaklah link bisnis anda atau pejabat lokal untuk memperoleh bantuan.

Biasanya anda dapat memperoleh bantuan atau dukungan untuk melacak informasi yang memadai. Sumber-sumber yang dapat anda gunakan adalah sebagai berikut:

Memulai pelacakan informasi

Gunakan direktori perpustakaan, indeks-indeks dan abstrak untuk mengidentifikasi laporan yang anda butuhkan. Publikasi-publikasi yang tersedia meliputi: International Directory of Published Market Research (Direktori Internasional Publikasi Riset Pasar), Marketsearch, Index to Business Reports (Indeks Laporan-laporan Bisnis), Marketing Survey Indeks (Indeks Survey Pasar), Reports Index (Indeks Laporan), dan Findex. Setelah anda berhasil mengidentifikasi laporan yang anda butuhkan, carilah bantuan pelayanan. Apabila perpustakaan tidak memilikinya, mereka mungkin dapat mencarikannya untuk anda melalui peminjaman antar-perpustakaan.

Laporan-laporan riset pasar

Sejumlah organisasi-organisasi spesialis riset pasar mempublikasikan laporan-laporan yang lebih mendetil. Cari dan lihatlah Mintel (Miarket Intelligence, Retail Intelligence, Leisure Intelligence, dan lain-lain), ICC Keynotes, Jordans Surveys, Euromonitor and Market Assessment Reports. Frost and Sullivan mempublikasikan Industrial Market Research Reports (Laporan-Laporan Riset Pasar Industrial). The Economis Intelligence Unit mempublikasikan Retail Business.

Indeks-indeks dalam koran

Anda dapat melihat, misalnya, Extel Cards (Indeks Extel), McCarthy Industry Cards (Indeks Industri McCarthy), Clover Newspaper Index (Indeks Koran Clover), dan British Humanities Index (Indeks Kemanusiaan Inggris).

Sumber-sumber media periklanan

Lihatlah British Rate and Data (BRAD), DAN Media Expenditure Analysis Ltd (MEAL).

Direktori umum

Kompass Register, Kelly’s Manusfacturers and Merchant’s Directory, dan Yellow Pages (Halaman Kuning). Business Monitors, Overseas Trade Statistics, Family Expenditure Survey, General Household Survey, dan National Food Survey.

Laporan statistik

Berbagai laporan statistik juga tersedia – cobalah anda melihat Business Monitors, Overseas Trade Statistics, Family Expenditure Survey, General Household Survey, dan National Food Survey.

Lain-lain

Apabila anda memiliki akses internet, sambungan langsung ke database online dan layanan-layanan informasi seperti IQquest, dan Kompass Online akan menyediakan informasi yang aktual dan menguntungkan bagi anda. Walaupun demikian, kadang-kadang kita dapat mengalami kesulitan dan harus membayar mahal untuk mencari dan memperoleh layanan online yang relevan.

Menggunakan sumber-sumber informasi di atas dapat menghemat waktu dan uang, tetapi penting untuk melihat aktualitas data yang tersedia. Beberapa publikasi cetak cenderung untuk cepat out-of-date atau menjadi kuno. Lebih jauh lagi, kemungkinan anda tidak dapat memperoleh segala informasi yang anda butuhkan. Yang terbaik yang dapat anda peroleh adalah gambaran yang memadai mengenai apa yang sedang terjadi dalam pasar dan mendapatkan ‘feeling’ atau dapat merasakan mengenai trend pasar secara keseluruhan. Bila anda kurang beruntung, anda hanya akan memperoleh sedikit informasi yang harus anda pecahkan.

Download contoh Studi kelayakan Bisnis di : http://www.4shared.com/file/127810675/ae893887/SKB_VO_Resto__cafe.html

Bagi calon Investor yang berminat dapat menghubungi saya di email cukong_cute@yahoo.com / Hp 081325145356

Reactions:

0 comments:

Post a Comment