Aug 29, 2009

Kepribadian Sukses

Kepribadian Sukses

Maxwell Maltz yang dikenal dengan uraian-uraiannya mengenai PsychoCybernetics, mengemukakan tujuh ciri kepribadian sukses.

Ciri pertama: Sense of direction. Orang yang sukses mempunyai kemampuan untuk mengarahkan dan memimpin dirinya sendiri. la tidak ditentukan oleh situasi lingkungannya. Di antara banyak karyawan yang suka mangkir kerja dan terlambat masuk kantor, karyawan berkepribadian sukses selalu rajin dan datang lebih awal. Di antara manusia yang suka mengeluh, ia tak mengucapkan kalimat-kalimat keluhan walaupun banyak hal bisa dikeluhkannya.

Ciri yang pertama ini sangat dekat dengan apa yang disebut oleh Stephen R. Covey dengan istilah proaktivitas. Orang yang proaktif tidak didikte oleh suara-suara mayoritas, sebab mereka mendasarkan sikap dan perilaku mereka atas rasa tanggung jawab terhadap kehidupan pribadi mereka. Orang-orang yang suka mengkambinghitamkan situasi, lingkungan, dan orang lain di sekitarnya, jelaslah bukan tipe ini.

Ciri kedua: Understanding. Orang sukses berkemampuan untuk memahami diri mereka, memahami orang lain, dan memahami pekerjaan mereka. Dan, mungkin ini jauh lebih penting, mereka mau belajar memahami segala sesuatu. Dalam bahasa Covey, orang-orang seperti ini memiliki kebiasaan "seek first to understand, then to be understood". Mereka tidak suka berkata "Anda harus memahami saya", tidak suka menuntut orang lain menyesuaikan diri dengan mereka, tetapi justru sebaliknya.

ciri ketiga: Courage. Keberanian bertindak

merupakan hal yang melekat dalam diri orang berkepribadian sukses. Apa pun risiko yang menghadang langkahnya, tak mejnbuat mereka mundur. Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa mereka berprinsip "lebih baik bertindak, walau kelak terbukti tindakan itu salah daripada takut bertindak dan karenanya tidak pernah melakukan sesuatu". Manusia yang hanya membeo dan tak pernah berani menyatakan pilihan sikap yang berbeda dengan orang lain, tidak masuk dalam kategori ini.

Ciri keempat: Charity. Sifat kikir dan egosentris tidak membuat seseorang meraih sukses. Kemurahan hati, murah dalam memberikan pujian, suka menolong, bersedia membagi hak miliknya pada orang lain, adalah sifat-sifat yang menyertai kesuksesan seseorang.

Ciri kelima: Esteem (self-esteem). Suka mengemis, meminta belas kasihan, dan mentalitas budak bertentangan dengan tabiat orang sukses di segala zaman. Orang sukses memiliki harga diri yang sehat.

Ciri keenam: Self-Acceptance. Orang sukses menerima kelemahan-kelemahan mereka, sekaligus mengetahui bahwa dalam diri mereka terdapat kekuatan-kekuatan yang unik dan berbeda dengan manusia lain. Mereka enggan menyediakan banyak waktu untuk meratapi kelemahankelemahan mereka, tetapi berusaha keras mengembangkan potensi-potensi positif yang telah dikaruniakan Sang Ilahi kepadanya.

Ciri ketujuh: Self-Confidence. Inferiority complex dan superiority complex tidak melahirkan orang sukses. Kepercayaan diri ini berkaitan erat dengan penerimaan diri sebab percaya diri merupakan akibat dari adanya self-acceptance dan self-respect. Sikap minder dan arogan adalah musuh besar kepribadian sukses.

Adalah menarik bahwa apa yang disebut oleh Maltz sebagai ciri-ciri kepribadian sukses tersebut memiliki persamaan-persamaan yang mendasar dengan empat ciri orang-orang yang sehat secara psikologis. Duane Schultz dalam bukunya Growth Psychology: Models of Healthy Personality mencoba menguraikan titik-titik persamaan -yang dimiliki oleh orang-orang berkepribadian sehat Schultz mengkaji tujuh teori pribadi sehat berdasarkan konsep Gordon Allport, Carl Rogers, Erich Fromm, Abraham Maslow, Carl Jung, Viktor Frankl, Fritz Perls.

Pertama, orang-orang yang sehat secara psikologis mengontrol kehidupan mereka secara sadar. Walaupun tidak selalu secara rasional, orangorang sehat mampu secara sadar mengatur tingkah laku dan bertanggung jawab terhadap nasib mereka sendiri. Mereka, karertanya, tidak suka menyalahkan lingkungan atau mengkambinghitamkan orang lain.

Kedua, orang-orang yang sehat secara psikologis mengetahui diri mereka apa dan siapa. Mereka menyadari kekuatan dan kelemahan, kebaikan dan keburukan mereka, dan umumnya mereka sabar dan menerima hal-hal tersebut. Mereka tidak berkeinginan menjadi sesuatu yang bukan mereka. Meski mereka dapat memainkan peranan-peranan social untuk memenuhi tuntut an-tuntutan orang lain atau situasi (kecuali dalam pandangan Perls), namun mereka tidak mengacaubalaukan peranan-peranan ini dengan diri mereka yang sebenarnya.

Ketiga, mereka bersandar kuat pada masa kini. Meski para ahli teori itu percaya bahwa kita tidak kebal terhadap pengaruh-pengaruh masa lampau (khususnya pada masa kanak-kanak), namun tidak seorang pun mengatakan bahwa kita tetap dibentuk oleh pengalaman-pengalaman awal (sebelum usia 5 tahun). Pada sisi lain mereka memandang masa depan sebagai sesuatu yang sangat penting, tetapi tidak mengganti masa kini dengan masa depan.

Dan keempat, orang yang sehat secara psikologis tidak merindukan ketenangan dan kestabilan, tetapi mendambakan tantangan dan kegembiraan dalam kehidupan, tujuan-tujuan baru dan pengalaman-pengalaman baru.

Pertanyaan yang mungkin muncul adalah: benarkah orang yang sukses itu selalu sehat secara psikologis? Apakah orang yang secara psikologis sehat pasti orang yang sukses? Tulisan ini tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bagaimana pendapat Anda?

Sumber : Andrias Harefa, Sukses Tanpa Gelar

Andrias Harefa adalah Instruktur Dale Carnegie Training dan penerima 5 penghargaan sebagai HRD Consultant yang paling produktif (sales performance) dan pendiri Darma Mahardika sebuah organisasi yang memberikan jasa konsultansi dan pelatihan di bidang Etos Kerja Profesional, Kepemimpinan Etis, Inovasi dan Kewirausahaan, dan Kualitas Keunggulan

Reactions:

1 comment:

  1. Good day !.
    You re, I guess , perhaps curious to know how one can reach 2000 per day of income .
    There is no initial capital needed You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you thought of all the time
    The firm incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    It is based in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become a happy investor?
    That`s your chance That`s what you wish in the long run!

    I`m happy and lucky, I began to take up real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to choose a proper partner utilizes your funds in a right way - that`s AimTrust!.
    I earn US$2,000 per day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
    It`s easy to join , just click this link http://cycubiba.envy.nu/jiwinu.html
    and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

    ReplyDelete