Aug 10, 2009

Jepara “The Heart of Javanese Carving and Indonesia furniture industry”



Jepara
The Heart of Javanese Carving and Indonesia furniture industry”
Jepara merupakan sebuah Kota kecil di pesisir pulau Jawa, Kabupaten Jepara, adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. IbuKotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa. Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah, dimana bagian barat dan utara dibatasi oleh laut. Bagian timur wilayah Kabupaten ini merupakan daerah pegunungan.
SEJARAH SINGKAT JEPARA
Nama Jepara berasal dari perkataan Ujung Para, Ujung Mara dan Jumpara yang kemudian menjadi Jepara, yang berarti sebuah tempat pemukiman para pedagang yang berniaga ke berbagai daerah. Menurut buku “Sejarah Baru Dinasti Tang (618-906 M)” mencatat bahwa pada tahun 674 M seorang musafir Tiong-hoa bernama Yi-Tsing pernah mengunjungi negeri Holing atau Kaling atau Kalingga yang juga disebut Jawa atau Japa, dan diyakini berlokasi di Keling, kawasan Jepara sekarang ini, serta dipimpin oleh seorang raja wanita bernama Sima atau Ratu Shima yang dikenal sangat tegas dan keras dalam memimpin rakyatnya.
Namun menurut seorang penulis Portugis bernama Tome Pires dalam bukunya “Suma Oriental”, Jepara baru dikenal pada abad ke-XV (1470 M) sebagai bandar perdagangan yang kecil yang baru dihuni oleh 90-100 orang dan dipimpin oleh Aryo Timur dan berada dibawah pemerintahan Demak. Kemudian Aryo Timur digantikan oleh putranya yang bernama Pati Unus (1507-1521). Pati Unus mencoba untuk membangun Jepara menjadi daerah/Kota niaga.
Pati Unus dikenal sangat gigih melawan penjajahan Portugis di Malaka yang menjadi mata rantai perdagangan nusantara. Setelah Pati Unus wafat digantikan oleh ipar Falatehan yang berkuasa (1521-1536). Kemudian pada tahun 1536 oleh penguasa Demak yaitu Sultan Trenggono, Jepara diserahkan kepada menantunya yaitu Pangeran Hadiri suami dari Ratu Retno Kencono, namun pada tahun 1549 Pangeran Hadiri dibunuh oleh Aryo Penangsang akibat perebutan kekuasaan di kerajaan Demak setelah wafatnya Sultan Trenggono.
Kematian orang-orang yang dikasihi membuat Ratu Retno Kencono sangat berduka dan meninggalkan kehidupan istana untuk bertapa di bukit Danaraja. Setelah terbunuhnya Aryo Penangsang oleh Sutowijoyo, Ratu Retno Kencono turun dari pertapaan dan dilantik menjadi penguasa Jepara dengan gelar “NIMAS RATU KALINYAMAT”. Pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat (1549-1579), Jepara berkembang pesat menjadi bandar niaga utama di pulau Jawa dan menjadi pangkalan Angkatan Laut. Ratu Kalinyamat dikenal mempunyai jiwa patriotisme anti penjajahan, hal ini dibuktikan dengan pengiriman kapal perangnya ke Malaka untuk menggempur Portugis pada tahun 1551 dan 1574. Dan oleh orang Portugis dijuluki “RAINHA DE JEPARA” atau “SENORA DE RICA” yang artinya Raja Jepara seorang yang sangat berkuasa dan kaya raya. Selain itu Ratu Kalinyamat juga ber-jasa dalam membudayakan Seni Ukir yang sekarang jadi andalan utama ekonomi Jepara, yaitu perpaduan Seni Ukir Majapahit dengan Seni Ukir Patih Bandar duwung yang berasal dari Negeri Cina.
Mengacu pada semua aspek positif yang telah dibuktikan oleh Ratu Kalinyamat sehingga Jepara menjadi negeri yang makmur, kuat dan mashur, maka penetapan Hari Jadi Jepara mengambil waktu beliau dinobatkan sebagai penguasa Jepara, yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal Tahun 956 H atau 10 April 1549, ini telah ditandai dengan Candra Sengkala “TRUS KARYA TATANING BUMI” atau Terus Bekerja Keras Membangun Daerah.
AKSES KE JEPARA
Kota Jepara merupakan Kota kecil, jika ditilk dari peta maka letak Kota Jepara agak menjorok ke laut jawa. sehingga dapat dikatakan bahwa Kota Jepara merupakan Kota yang cukup terpencil dan terisolir dari daratan namun sangat terbuka jika di tinjau dari laut. Sebelum jalan Jepara-semarang melalui mijen dibangun jalur transportasi menuju Kota Jepara harus melalui Kota kudus dengan waktu tempuh sekitar 3- 4 jam, namun sekarang untuk pergi ke Jepara dapat ditempuh waktu sekitar 2 (dua) jam saja
Sebagai Ibu Kota Propinsi Jawa tengah, Semarang memiliki arti penting bagi Kota Kota disekitarnya termasuk Jepara. Bagi Jepara,Semarang merupakan pintu masuk utama bagi tamu tamu baik dari dalam maupun luar negeri yang akan berkunjung ke Kota Jepara.
Salah satu pintu masuk ke Kota Jepara adalah : Bandara Internasional Achmad Yani , Semarang. Maskapai udara yang melayani dari dan menuju Jawa Tengah salah satunya adalah Garuda Indonesia. Dari Bandara Achmad Yani anda dapat menyewa taksi bandara untuk pergi ke Jepara. Bagi Backpacker yang ingin menempuh rute darat dan menikmati perjalanan menuju Kota Jepara dapat melalui Terminal Terboyo Semarang dengan menggunakan bis Jurusan Jepara – Semarang yang berangkat setiap ±15 menit dari Terminal Terboyo .
Jarak Dari Jepara Ke Kota-Kota Terdekat
1.
Kudus
:
35
Km
2.
Pati
:
59
Km
3.
Rembang
:
95
Km
4.
Blora
:
131
Km
5.
Demak
:
45
Km
6.
Semarang
:
76
Km
7.
Yogjakarta
:
211
Km
8.
Jakarta
:
504
Km
Jika anda merencanakan berkunjung ke Kota Jepara beberapa tempat yang menarik untuk di singgahi antara lain.
1. Kelenteng “Hian Thian Siang Tee” Welahan
Kelenteng Welahan yang diberi nama “Hian Thian Siang Tee” terletak 20 Km ke arah selatan dari pusat Kota Jepara, di Desa Welahan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, Sebuah desa yang menyimpan peninggalan kuno Tiongkok dan menjadi salah satu asset wisata sejarah di Jepara, dimana berdiri megah dua kelenteng yang dibangun seorang tokoh pengobatan dari Tiongkok bernama Tan Siang Boe bersama dengan kakaknya Tan Siang Djie, untuk menuju obyek wisata sejarah ini didukung dengan berbagai prasarana diantaranya jalan beraspal dapat menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 atau angkutan umum.
Klenteng ini dipercaya memiliki hubungan yang istemewa dengan tokoh emansipasi wanita Raden Ajeng Kartini. Dalam buku”Kartini Anak Buddha Klenteng Welahan Dan Keajaibannya” yang ditulis oleh Hoo Sing Hee - Gan KH- Jo. Priastana disebutka bahwa Raden Ajeng Kartini memiliki ikatan erat dengan situs yang magis ini. Bahkan Kartini pernah merasakan daya gaib yang sangat luar biasa dari Klenteng ini.
Klenteng Welahan memang terkenal sejak dahulu kala, karena disamping mengandung daya magis, klenteng ini memiliki makna historis bagi masyarakat sekitarnyaMakna pribadi bagi kehidupan Kartini diungkap, ternyata puteri Jepara ini sempat menimba spirit kasih sayang dan pembebasan dri Budhadharma, yakni ajaran Sang Buddha.
Tak seorangpun menyangka, puteri Bupati Jepara Raden Mas Adipati Ario Samingun [1880-1905], yang menjadi pahlawan nasional dan bercita-cita tinggi itu memetik spiritualitas perjuangannya juga dari ajaran Buddha. Kartini memiliki pengalaman pribadi, yakni sebuah pengalaman yang akhirnya justru amat menentukan perjalanan hidupnya.
2. Sentra Tenun Ikat Troso Pecangaan
Sentra Tenun ini tersentra di daerah Troso, Pecangaan Jepara. Kerajinan tenun ikat Troso memang telah menjadi trade mark Kabupaten Jepara. Walaupun saat ini pemasarannya masih banyak melalui bali, tetapi diantaranya juga sudah dieksport langsung. Untuk membantu pemasaran serta mempertahankan identitas tenun troso, selain dipakai sebagai bahan baku pakaian adat Jepara. Pemerintah Kabupaten Jepara juga akan mengeluarkan kebijakan pakaian seragam bagi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemeritah Kabupaten Jepara. Kebijakan ini ditempuh dengan tujuan agar tenun troso dengan bahan yang semakin beragam, tetap lestari, sebagai ciri khas Jepara.
Keunggulan Tenun Ikat Troso
· Ciri khas Produk troso bercorak etnis dengan metode tradisional serta kualitasnya yang bagus, sehingga pangsa pasarnya berkembang. Dalam pasar domestik tenun ikat troso banyak diminati untuk seragam kantor, tenun ikat troso Jepara telah melayani permintaan dari berbagai Kota duluar Jepara, seperti semarang, solo, jogjakarta, pekalongan, jakarta dan beberapa Kota di luar pulau jawa. Sedangkan pangasa ekspor produk ini telah lama di kenal oleh konsumen mancanegara melalui bali.
· Tenun ikat troso dapat di jumpai dalam bentuk kain tenun, pakaian jadi, sarung, taplak meja, sarung bantal kursi, tirai, seprai, gorden, bad cover dengan disain yang menarik .
· Sentra komoditas ini terdapat di desa troso, kecamatan pecangan dengan jumlah usaha sebanyak 192 unit dan tenaga kerja sebanyak 3836 orang, di tahun 2006out put produksi 3.805.017 (m) dengan nilai produksi sebesar 66.968.299.000,-
Sentra Kerajinan Monel Pecangaan
Kerajinan Monel Jepara memiliki kualitas yang baik dengan model yang bervariasi sehingga mampu menjadi daya tarik bagi pasar local, regional dan internasional. Salah satu hasil Kerajinan Monel Jepara yaitu gelang digunakan sebagai identitas untuk jamaah haji Indonesia. Di sentra ini terdapat sekitar 138 unit usaha yang terkonsentrasi di kecamata Pecangaan dan Kalinyamatan.
3. Sentra industry Relief Jepara
Sentra Kerajinan ini terdapat di Desa Senenan, dekat Rumah Sakit Kartini Senenan Jepara. Kerajinan relief disini memiki spesialisasi yang tidak dimiliki oleh pematah di Kota lain bahkan di wilayah Jepara lainnya yaitu motif yang lebih rapat & tipis, lebih detail pada tiap desain dan lebih bervariatif sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi.
4. Industri Mebel Ukir Jepara
Jepara dikenal sebagai Kota ukir, karena terdapat sentra kerajinan ukiran kayu ketenarannya hingga ke luar negeri. Kerajinan mebel dan ukir ini tersebar merata hampir di seluruh kecamatan dengan keahlian masing-masing. Namun sentra perdagangannya terletak di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda.
5. Sentra Kerajinan Patung & Ukiran
Sentra Kerajinan ini terdapat di desa Mulyoharjo Jepara. Di sana terdapat lebih dari 90 pengusaha di bidang kerajinan Patung dan Ukiran
6. Museum RA. Kartini
Museum RA Kartini terletak di pusat Kota atu tepatnya di sebelah utara alun-alun Kota Jepara. Museum RA Kartini termasuk jenis museum umum dan sekaligus sebagai obyek wisata sejarah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara selaku Dinas Teknis yang ditunjuk oleh pemerintah daerah. Museum ini dibuka setiap hari dan sering dikunjungi para wisatawan baik wisata mancanegara (Wisman) maupun wisata nusantara (Wisnus). Museum RA Kartini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo, SH, sedangkan peresmiannya dilakukan pada tanggal 21 April 1977 oleh Bupati KDH Tingkat II Jepara, Soedikto, SH
7. Pantai Kartini
Obyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 Km ke Arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek Wisata ini berada di Kelurahan Bulu Kecamatan Jepara dan merupakan obyek wisata alam yang menjadi dambaan wisatawan. Berbagai sarana pendukung seperti dermaga, kolam pancing, motel, permainan anak-anak, lapangan tenis, Souvenir Shop dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung. Suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk memang memberikan kesan tersendiri buat pengunjung, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.
Ditempat ini pula para pengunjung dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk dibawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek Wisata Taman Laut Karimun Jawa dan Pulau Panjang.
8. Pantai Tirta Samudra
Pantai Tirta Samudra atau yang dikenal dengan sebutan Pantai Bandengan terletak 7 Km senelah utara dari pusat Kota. Pantai yang airnya jernih dan berpasir putih ini sangat cocok untuk lokasi mandi. Tak jarang para wisatawan yang dating sengaja melakukan mandi laut. Umumnya mereka anak-anak, remaja dan para wisatawan manca Negara. Biasanya saat yang paling disuka adalah pada waktu pagi hari dan di saat sore hari menjelang senja dimana akan tampak panorama sunset yang memukau.
9. Air Terjun Songgo Langit
Obyek wisata ini terletak di Desa Blucu Kecamatan Kembang 30 Km sebelah utara dari Kota Jepara. Air terjun ini mempunyai ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter . Panorama alam disekitar obyek wisata ini begitu indah dan udaranya cukup nyaman, sehingga cocok untuk acara santai atau kegiatan rekreasi lainnya. Ditempat ini banyak dijumpai kupu-kupu yang beraneka ragam. Untuk mencapai Air Terjun Songgo Langit dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan komdisi jalan beraspal.
10. Obyek Wisata Benteng Portugis di Jepara
Benteng Portugis yang terletak 45 Km di sebelah utara Kota Jepara menjadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Jepara.Dilihat dari sisi geografis benteng ini tampak sangat strategis untuk kepentingan militer. Benteng ini dibangun diatas sebuah bukit batu dipinggir laut dan persis didepannya Pulau Mondoliko.
11.Kepulauan Kariminjawa
Kabupaten Jepara terdiri dari 14 Kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Kariminjawa yang berjarak 48 mil laut dari Kota Jepara.
Daya tarik khusus bagi wisatawan
  • Panorama laut yang indah bagai telaga dengan gugusan kepulauan yang tersebar.
  • Hamparan pasir putih yang membentang di kawasan pantai maupun diseluruh pulau
  • Dapat melakukan kegiatan hiking, snorkeling, diving, Fishing/memancing, dayung dan sebagainya
  • Menikmati keindahan biota laut dengan aneka ragam ikan hias dan bermacam karang laur yang menarik.
  • Masih terdapat jenis satwa langka seperti menjangan, landak, trenggiling, ular kedor, burung garuda dan ikan lele tanpa patil.
  • Gunung dengan penghijauannya hutan tertutup yang masih perawan.
  • Dapat menyaksikan ikan hiu, kerapu, lemuna, tripang di keramba.
  • Bila perjalanan memakai kapal laut, dapat menikmati iringan ikan lumba-lumba di sebelah kapal
Akomodasi
Berikut ini disajikan beberapa informasi akomodasi yang ada di Kabupaten Jepara.




Banyaknya
Harga
AKOMODASI
Klasifikasi
Alamat
Kamar
Tempat
Min
Maks
Name of
Classification
Address
Tidur
Tidur


Accomodation


Bed
Capasity
Min
Max




Room
of Bed


(1)
(2)
(3)
(4)
(5)










1. JEPARA INDAH
Bintang 3
Jl. H.O.S. Cokroaminoto 12
80
160





Jepara (Telp. 93548, 93549)




2. KALINGGA

Bintang 1
Jl. Dr. Sutomo No.16
70
140





Jepara (Telp. 91054)




3. ELIM

Melati 2
Jl. Dr. Sutomo No.13-15
22
44





Jepara (Telp. 91406)




4. SEGORO

Melati 2
Jl. Ringin Jaya No.2
42
84





Jepara (Telp. 91982)




5. KENCANA

Melati 2
Jl. Pemuda No.160
53
106





Jepara (Telp. 92336)




6. ASIA

Melati 1
Jl. Kartini No.32+D53
20
40





Jepara




7. NUSANTARA
Melati 1
Jl. Kol. Soegiono No.20
10
20





Jepara




8. PRAPATAN

Pond. Wisata
Jl. A. Yani Karimunjawa
3
4
40.000
50.000



Telp. (0297) 312227




9. BLUE LAGUNA INN
Hotel
Jl. Perintis Karimunjawa
6
12
150.000
187.000



Telp. (0297) 312251




10. SETIA JAYA I
Pond. Wisata
Jl. Danag Jaya Karimunjawa
4
4
60.000
125.000



Telp. (0297) 312206




11. SETIA JAYA II
Pond. Wisata
Jl. Danag Jaya Karimunjawa
4
4
60.000
125.000



Telp. (0297) 312197




12. JAYA KARIMUN
Home Stay
Pulau Menjangan Karimunjawa
14
28
100.000
200.000



Telp. (0297) 312185




13. KARIMUN INDAH
Home Stay
Jl. Pemuda Karimunjawa
6
9
50.000
165.000



Telp. (0297) 312114




14. MEKAR SARI
Home Stay
Jl. Pemuda Karimunjawa
5
8
50.000
50.000



Telp. (0297) 312105




15. WISMA WISATA
Penginapan
Jl. Pelabuhan Karimunjawa
6
12
150.000
150.000



Telp. (0297) 312118




16. TIGA SAUDARA
Penginapan
Jl. KH. Ahmad Dahlan Karjawa
2
2
40.000
50.000



Telp. (0297) 312127




17. HANFA

Penginapan
Jl. Sudirman Karimunjawa
7
14
65.000
75.000



Telp. (0297) 312125




18. MULYA INDAH
Penginapan
Jl. Pemuda Karimunjawa
6
12
55.000
55.000



Telp. (0297) 312106




19. ARIYANI

Home Stay
Jl. Diponegoro Karimunjawa
6
8
50.000
55.000



Telp. (0297) 312128




20. KALIMASADA
Home Stay
Jl. KH. Ahmad Dahlan Karjawa
4
5
50.000
60.000



Telp. (0297) 312224




21. AL MUSLIM
Pond. Wisata
Jl. A. Yani Karimunjawa
4
4
50.000
50.000



Telp. (0297) 312214




22. DAFISTA

Home Stay
Jl. Pelabuhan Karimunjawa
4
8
50.000
70.000



Telp. (0297) 312277




23. KARIMUNJAWA INN
Melati
Jl. Danang Jaya Karimunjawa
17
34
126.000
252.000



Telp. (0297) 312253




24. BARACUDA
Penginapan
Desa Kemujan Karimunjawa
6
8
150.000
150.000
25. DEWA DARU RESORT
Penginapan
Jl. Pelabuhan 1 Karimunjawa
11
12
225.000
400.000



Telp. (0297) 312254




26. ASIA JAYA

Wisma
Jl. KH. Ahmad Dahlan Karjawa
12
20
50.000
250.000
27. BERKAH ILLAHI
Penginapan
Jl. Karimunjawa
5
5
50.000
250.000



Telp. (0297) 312287




28. NIRWANA RESORT
AC

16
26
50.000
250.000
29. ESCAPE ROMANTIC
Water Sport

12
24
50.000
250.000
30. KURA-KURA RESORT
Water Sport

10
12
50.000
250.000
31. ATAMBUA RESORT

12
20
50.000
250.000
32. DUTA KARIMUNJAWA
Penginapan

17
34
50.000
250.000
33. BAROKAH



2
2
50.000
250.000
34. MENJANGAN BESAR
Home Stay

7
14
50.000
250.000
















Sumber / Source : Dinas Pariwisata dan BPS Kab.Jepara / Tourism Service and Central Board of Statistics of Jepara Regency.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment