Jul 24, 2010

PANDUAN MEMULAI BISNIS


MEMULAI BISNIS
Bukalah Potensi Anda
The best motivation is self-motivation. The guy says, “I wish someone
would come by and turn me on.” What if they don’t show up? You’ve got to
have a better plan for your life.
Jim Rohn
Menentukan untuk memulai bisnis adalah satu dari keputusan penting yang anda buat dalam hidup anda. Ini tidak seperti memulai pekerjaan baru; tekanan dalam memulai bisnis lebih besar. Resikonya tinggi dan jika anda sukses, imbalannya pun tinggi. Memulai bisnis sendiri adalah tantangan yang mengasyikkan yang bisa menjadi kunci yang membuka potensi diri anda yang sebenarnya.
Tulisan ini bertujuan untuk membantu anda memikirkan kembali ide-ide bisnis anda dan menguji komitmen anda sebelum anda melangkah lebih jauh. Di sini anda akan dibantu untuk :
· Mengerti dan menggunakan pemikiran yang kreatif sebagai kelebihan anda
· Mengetahui biaya dan keuntungan dalam bekerja untuk diri sendiri; dan
· Mengkaji kesempatan anda untuk sukses
Meskipun anda telah melihat sebagian isi dari bab ini sebelumnya, gunakanlah bab ini untuk memasukkan semuanya ke dalam perspektif dan untuk membuat rencana kerja di bulan-bulan yang akan datang.
Ide-ide Bisnis
Seseorang yang memiliki ide orisinil yang mendatangkan uang adalah jenius atau cuma karena beruntung.
Salah! Anda dapat membuat keberuntungan sendiri, dan sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan ide-ide baru. Masalahnya adalah memilih ide yang tepat dan mewujudkannya. Seperti yang mereka katakan, jenius adalah satu persen inspirasi dan 99 persen perspirasi. Jika anda mengerti di mana ide bisnis baru datang, anda akan menempuh jalan yang panjang sampai bisa mendapatkan ide dari diri sendiri.
Berikan apa yang mereka inginkan
Pernahkah anda frustrasi mencari sebuah produk yang kelihatannya tidak pernah dibuat orang lain? Pernahkah anda mendengar tetangga mengeluh bahwa mereka harus berjalan bermil-mil ke binatu terdekat? Pernahkah menggeledah sebuah kota di mana sebuah produk tidak mereka sediakan? Apakah anda dapat menyelesaikan masalah ini? Berikan apa yang mereka inginkan dan anda mendapatkan awal dari bisnis yang menguntungkan.
Sayapun bisa!
Sebagian besar orang memiliki keahlian tertentu. Anda mungkin mengetahui semua yang perlu diketahui tentang bisnis musik. Mungkin anda adalah tipe percaya diri dan berpikir mampu menjual apapun, di manapun, kepada siapa saja. Apakah ide cemerlang selalu muncul seperti bolam lampu di kepala anda? Bangunlah bisnis berdasarkan kelebihan anda, dan anda akan membangun awal dari bisnis yang berkeuntungan.
Tentu saja, anda dapat meminta seseorang untuk menyelesaikan semua urusan sebelum terlibat terlalu jauh. Anda dapat mengawali dengan bisnis percobaan di bidang yang tak seorangpun pernah mencobanya. Anda dapat mengambil franchise (sebagai bagian dari grup besar seperti Mc Donalds atau Dyno-Rod), atau membeli satu dari bisnis yang dijual di koran setempat. Seringkali ide-ide yang paling cemerlang sudah pernah dicoba orang lain.
Jadilah yang Pertama
Bukalah mata anda. Sesuatu dapat tumbuh dengan sendirinya. Koran setempat biasanya penuh dengan kesempatan; pengurus kota mengeluarkan tender untuk pelayanan umum, atau seorang pebisnis mengeluhkan kurangnya kualitas penitipan anak di daerah tertentu. Beberapa tahun lalu orang yang menanyakan tentang penanganan sampah sudah pasti dianggap aneh, sekarang mendaur ulang limbah kertas telah menjadi bisnis yang besar. Perhatikan masa depan – masa depan yang dapat membawa ide bisnis yang menguntungkan.
Sekali anda masuk ke dalam bisnis, banyak kesempatan yang harus dikembangkan dan dikerjakan akan muncul. Menemukan ide bisnis yang pertama,seperti menanam kacang,menyuuburkannya sehingga kacang ini tumbuh menjadi pohon ek yang kokoh.
Inspirasi
Apakah anda tipe kreatif, selalu memiliki ide-ide yang cerdas? Apakah anda orang yang praktis, sederhana, yang selalu bekerja dengan benar? Siapapun anda, jika anda ingin menjalankan bisnis yang sukses, anda harus menggunakan imajinasi untuk menyelesaikan masalah. Bisnis berarti penyelesaian masalah, itulah sebabnya orang mau mengeluarkan uang untuk barang dan jasa. Meskipun ada sebagian orang yang lebih mampu mengerjakan bisnis dibandingkan lainnya, ada cara untuk meningkatkan kemampuan anda agar anda dapat memberikan solusi-solusi.
Suatu perubahan akan merangsang imajinasi. Jika anda mengunjungi orang-orang dan tempat yang berbeda, anda bisa mendapatkan ide yang baik untuk dicoba yang tidak disadari oleh orang-orang di daerah anda. Tom Farmer melihat toko muffler di AS, kemudian pulang dan memulai Kwik-Fit. Perubahan juga membantu untuk memicu pikiran anda ke cara berpikir yang baru. Perubahan dapat menolong keluarnya ide-ide baru dan mengurangi kesempitan berpikir tentang hal-hal yang mungkin dilakukan. Anda tidak perlu pergi ke ujung dunia – anda bisa mendapatkan rangsangan hanya dengan memberi variasi terhadap rutinitas. Berusahalah bertemu dengan tipe orang-orang yang berbeda, pergilah ke desa untuk berjalan-jalan, atau hanya dengan mengunjungi kota lain.
Bagaimana Otak Anda Bekerja
Otak anda terdiri dari dua bagian: belahan kanan dan belahan kiri, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.
Otak Kiri - Logika
Otak Kanan – Artistik
· Memproses informasi sedikit demi sedikit
· Memproses informasi sekaligus, sebagai sebuah gambaran, bukan analisa
· Bekerja dari A sampai Z melalui semua huruf yang ada di antara keduanya
· Mengevaluasi, mengkritik dan menganalisa
· Melihat pada sebab dan akibat
· Mencari hubungan
· Menggunakan kata-kata untuk menamakan, mendeskripsikan dan mendefinisikan
· Menggunakan penggambaran visual, bentuk dan warna
· Mengontrol pengucapan, tata bahasa dan urutan kata
· Mengontrol bahasa badan dan gerakan
· Mengontrol informasi matematis
· Mengontrol kreativitas, seperti menggambar dan melukis
Kondisi yang ideal adalah memiliki keseimbangan antara kedua bagiannya. Albert Enstein memiliki keseimbangan. Dia mengkhayalkan Teori Relativitas – pada saat dia tiduran di atas rumput suatu hari yang cerah, dan berkhayal tentang bagaimana rasanya menaiki sekumpulan cahaya ke luar angkasa. Ketika ia telah kembali ke matahari, dia baru menyadari bahwa penggambaran alam semesta pada masa itu salah. Meskipun dibutuhkan sepuluh tahun olehnya untuk menghasilkan fakta-fakta konkrit untuk mendukung imajinasinya.
Leonardo da Vinci juga memiliki keseimbangan otak yang luar biasa, berprestasi di bidang seni dan patung di satu sisi, dan di bidang mekanika dan fisika di sisi lain. (Juga di hal-hal lainnya!)
Apa hubungan Einstein dan da Vinci dengan anda? Perkembangan di sepuluh-dua puluh tahun terakhir menunjukkan bahwa kapasitas otak setiap manusia sangatlah besar, meskipun hanya sebagian kecil saja yang pernah digunakan.
Ketika anda di jenjang sekolah, apakah anda pernah diajarkan tentang otak anda? Bagaimana cara anda berpikir? Tentang kreativitas? Kenangan? Konsentrasi? Motivasi? Jawabannya adalah ‘tidak!’ berkali-kali. Kita tidak menggunakan otak kita secara maksimal karena kita tidak mengerti tentang otak kita!
Ini sebenarnya materi yang terlalu luas untuk dibahas di sini, tetapi kita akan melihat pada proses berpikir, untuk menolong membuka potensi anda di bidang ini.
Pemikiran Berhenti-Jalan
Ketika berpikir secara kreatif, prosesnya bisa disebut berpikir ‘melakukan’ – anda ‘lakukan itu!’ Ketika mengevaluasi, prosesnya bisa disebut berpikir ‘berhenti’ – anda benar-benar ‘berhenti untuk berpikir’. Berpikir ‘melakukan’ adalah berorientasi pada masa depan, mencari penemuan-penemuan baru, teknik-teknik dan metode-metode baru, dst.
Berpikir ‘berhenti’ berorientasi pada masa lampau; kita menggunakan pengalaman kita ketika mengevaluasi ide-ide, teknik-teknik dan metode-metode baru. Cara berpikir tipe yudisial ini akan menganalisa dan mengevaluasi ide-ide yang berasal dari berpikir ‘melakukan’.
Kedua tipe berpikir ini saling melengkapi – mereka dirancang agar dipakai secara seimbang.
Hambatan-hambatan menuju Kreativitas
· Hambatan-hambatan termasuk :
o Kebiasaan
o Perilaku
o Kurang percaya diri
o Mudah putus asa
o Berpegangan tangan
· Pemecah Hambatan-hambatan termasuk :
o Berpikiran terbuka
o Tidak mudah puas
o Tidak khawatir terhadap pendapat orang lain
o Keluar dari keruwetan dan tetap menghindarinya
o Memberikan sikap ‘silakan’ kepada cara pikiran anda
· Yang dapat memperbaiki hambatan-hambatan di atas :
o Tahu akan kekuatan di bawah sadar
o Membangun ide-ide
o Menjadi percaya diri dan antusias
oMenjadi sadar terhadap hal-hal yang tidak lazim dan tidak diharapkan; dan
o Membuang penilaian pada saat berpikir ‘melakukan’.
Mengapa tidak mencoba berpikir kreatif sekarang?
a) Ambil pena dan kertas
b) Bukalah pikiran anda dan tulis sebanyak-banyaknya ide yang dapat anda pikirkan untuk bisnis di daerah anda
c) Tetap berpikir sejauh mungkin; jalan bolak-balik, bicaralah pada diri sendiri, tempelkan barang-barang di dinding :
C Jangan berhenti berpikir!
C Jangan menolak hal-hal yang kelihatan tidak praktis – semakin gila ide semakin baik!
C Berpikirlah positif, jangan turunkan semangat anda – anda dapat melakukannya!
d) Berhentilah setelah 10 menit, dan gunakan pena yang berbeda warna untuk mengkaji ide-ide anda :
C Mana yang praktis?
C Mana yang berhubungan dengan ide lainnya?
C Mana yang dapat anda buang?
Jika tidak ada yang muncul, cobalah lagi pada hari yang lain.
Kerja Keras
Kita telah mendengar ide-ide bisnis yang tidak lazim, tetapi seringkali justru hal-hal yang sederhana yang paling baik hasilnya, terutama ketika anda tidak punya banyak pengalaman bisnis. Sebuah perusahaan teknologi-tinggi yang rumit mungkin kelihatan menarik, tetapi bisa mendatangkan masalah-masalah manajemen yang rumit yang tidak dapat anda atasi. Anda dapat mempermudahnya dengan belajar dasar-dasar pengelolaan dan penjalanan bisnis sebelum anda mulai ingin berkembang.
Kerugian/kelemahan besar dari sebuah ide yang umum adalah kemungkinan ada pihak lain yang melakukan hal yang sama di daerah anda. Kemungkinan akan sulit menarik pelanggan agar bisnis berhasil. Membeli sebuah toko (bisnis) adalah cara termudah untuk memulai – tetapi toko terkadang dijual karena tidak lagi mendatangkan keuntungan.
Buatlah Diri Anda Tertarik
Adalah ide yang bagus untuk melakukan hal yang menarik minat anda. Banyak bisnis yang sukses didasarkan pada hobi seperti fotografi atau memperbaiki antik. Pada masa-masa awal anda harus mencerna, tidur dan bernafas di bisnis anda – suatu hal yang baik jika anda tidak bosan. Anda juga harus mengerti pelanggan anda, jadi akan cukup berguna untuk mengenal pihak lain yang memiliki minat yang sama.
Mudah masuk – mudah keluar
Jangan masuk terlalu dalam pada waktu yang terlalu cepat. Jika bisnis anda membutuhkan banyak uang untuk menjalankannya, anda mungkin mengambil resiko yang besar. Jika anda merasa tidak pasti, lebih baik memilih bisnis yang tidak melibatkan pembelian banyak perlengkapan dan bahan yang mahal. Seorang penata rambut keliling hanya membutuhkan beberapa perlengkapan dasar dan transport. Seorang jurnalis freelance hanya membutuhkan sebuah meja, komputer dan telepon. Jika anda membutuhkan banyak uang, apakah bisnis anda mudah dipulihkan jika mengalami masalah? Sebuah mobil barang atau toko dapat saja dijual jika terjadi masalah.
Apakah Anda Punya Visi?
Lingkungan sekitar kita berubah setiap waktu. Pada pandangan pertama, perubahan kelihatannya sangat banyak, tetapi perubahan dapat menciptakan banyak peluang. Dapatkah anda mengenali trend ini? Fokuskan pandangan anda pada masa depan. Trend hari ini dapat menjadi pemutar uang esok hari.
· Manusia/Masyarakat selalu berubah.Sejalan dengan masyarakat bertumbuh, selera mereka berubah. Remaja yang biasa menghabiskan uang untuk diri sendiri akhirnya menikah, mempunyai anak dan membeli rumah. Orang tua mereka menjadi pensiunan, dan mulai membelanjakan uang pensiun mereka.
· Perilaku berubah.Makanan cepat saji sangatlah populer, tapi saat ini banyak orang memilih makanan yang sehat. Perusahaan yang biasanya membuang polutan ke sungai sekarang harus menawarkan produk ramah lingkungan ke supermarket supaya tetap menjaga pelanggannya.
· Teknologi berubah.Berkat microchip, seseorang dengan sebuah desk-top dapat mengerjakan pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan tenaga satu kantor. TV kabel membawa cara baru bagi masyarakat untuk berkomunikasi, belanja dan mengurus perbankan.
· Lingkungan pun berubah.Kontraktor swasta sekarang menyediakan pelayanan lokal lebih dari sebelumnya.
Sederhana Namun Rumit
Beberapa orang tampak memiliki tangan emas. Seperti Richard Branson, yang memulai bekerja di rumahnya sendiri dan sekarang menjalankan kerajaan bisnisnya. Apakah mereka ikan besar atau kentang kecil, semua memiliki satu hal yang sama. Mereka semua mengerti ide-ide dasar dunia bisnis : anda menjual sesuatu, hasilkan keuntungan dan masukkan uangnya ke bank. Siapa pun bisa melakukannya!
Ya. Dalam banyak hal memang simple – tetapi juga rumit. Bisnis adalah keseimbangan dari banyak hal – mengetahui apa yang diinginkan. Setiap hal adalah keterusterangan, tapi semuanya jika digabung sangat rumit. Semuanya harus diawasi dengan seksama karena selalu berubah. Jika keseimbangannya benar, maka anda menghasilkan uang. Jika keseimbangannya salah, anda kehilangan uang.
Menjalankan Bisnis
Hanya ada satu cara untuk tahu apakah anda dapat meluruskan kerumitan-kerumitan yang anda temui, dan itu dengan menjalaninya. Tentu saja anda perlu belajar mengenai ide-ide dasar, dan itu sebabnya mengapa mendapatkan pelatihan dan petunjuk yang benar menjadi sangat penting. Bisnis bukan seperti sebuah materi akademik di mana tantangan terbesar adalah mengerjakan ujian semester. Banyak yang berhasil tanpa pendidikan formal sama sekali!
Pendekatan paling baik yaitu tetap mengambil pelatihan dan petunjuk sambil membangun bisnis anda. Beberapa orang menyebut ini “belajar sambil bertindak” (action learning). Dengan begini, anda dapat memilih hal-hal yang paling relevant dan langsung memakainya dalam praktek. Banyak bisnis baru lupa untuk melakukan ini karena mereka bilang mereka terlalu sibuk –bisnis yang seperti ini yang biasanya ambruk! Anda harus memaksakan diri untuk tetap mendengarkan dan belajar setiap waktu – ini adalah salah satu kunci menuju sukses!
Memberi dan menerima
Karakteristik dari orang-orang yang bekerja untuk dirinya sendiri (self-employed) sangat tergantung pada bisnisnya. Sebuah pengoperasian teknis yang rumit memerlukan orang-orang yang intelek dengan kualifikasi yang memadai. Sedangkan sebuah bisnis yang “mudah” (misalnya yang membutuhkan satu orang dengan mobil pengantar) tidak memerlukan orang dengan kualifikasi pendidikan tinggi. Ada bisnis yang memenuhi karakter mereka yang lantang dan percaya diri dan ada pula yang dikelola oleh orang yang diam dan pemalu.
Apa yang anda miliki?
Memulai bisnis tidaklah seperti memulai pekerjaan lainnya. Bisnis adalah sebuah perusahaan, sebuah petualangan, dan biasanya menjadi keputusan untuk seumur hidup. Anda akan mendapati banyak situasi yang baru dan sulit. Masa depan anda ada di tangan anda sendiri. Dapatkah anda mempercayai diri anda dengan tanggung jawab ini? Apakah anda akan memberikan pekerjaan semacam ini kepada diri anda?
Anda akan memiliki pandangan tersendiri akan siapa anda sebenarnya. Sementara orang tua, teman, kolega, teman kerja, bos atau guru anda, semuanya akan memiliki pandangan yang berbeda tentang anda. Anda harus memecahkannya. Begini pendekatannya:
ü Jujur.
Anda tidak menjual diri anda pada seorang calon bos. Tidak perlu membohongi siapa pun. Hadapilah kondisi diri anda sebenarnya, bukan kondisi yang anda harapkan. Jika anda merasa tidak siap untuk bekerja untuk diri sendiri, mungkin dalam tahun-tahun berikutnya, dengan pengalaman yang lebih dan kualifikasi yang lebih baik.
ü Mintalah pendapat.
Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda terhadap diri anda. Bicaralah dengan penasihat bisnis anda, penasihat karier atau teman yang anda percayai. Dapatkanlah sederet pandangan. Usahakan untuk meluruskan masalah ketika mereka ada benarnya (meskipun hal ini membuat anda tidak nyaman) dan ketika mereka berusaha membuat anda masuk dalam gambaran yang cocok dengan keadaan mereka. Sering terdapat perasaan yang bercampur antara keduanya. Jika anda mempunyai pasangan bisnis, berbincanglah dengannya. Jika anda tidak mempercayai pasangan anda untuk saling terbuka, anda berdua seharusnya tidak melakukan bisnis bersama.
ü Buktikan.
Dimanapun juga, carilah contoh untuk sebuah kualitas yang anda temukan. Jika anda merasa bahwa anda seorang peng-organisasi, apa yang telah anda organisir? Lihat semua aspek dalam hidup anda, tidak hanya pekerjaan atau kualifikasi.
ü Buatlah catatan. Semua, baik muda atau tua, harus memiliki arsip pribadi. Sangat berguna untuk merencanakan dan melamar pekerjaan. Perusahaan membantu anda bertumbuh dan membentuk anda sebagai sebuah pribadi. Anda perlu memberi catatan untuk diri sendiri; kekuatan dan kelemahan, apa yang perlu anda pelajari, etc. Anda juga memerlukan informasi ini untuk membuat rencana bisnis.
ü Sebuah gambaran.
Gunakan daftar isian (checklist) untuk membantu membuat gambaran tentang diri anda:
& Sejarah – Fakta-fakta apa saja yang menjadi kunci hidup anda? Apa yang telah terjadi terhadap anda?
& Pengalaman – Apa yang pernah anda lakukan? Apa yang menjadi kebanggaan anda, baik pada pekerjaan maupun permainan?
& Kepribadian – Seperti apakah anda? Sebuah karakter, seorang individual, seorang pekerja, seorang pengobral, seorang yang bersosialisasi?
& Potensi – Apa yang ada di dalam diri anda yang ingin dikeluarkan? Apa yang akan anda lakukan terhadap hal ini jika diberi kesempatan?
& Motivasi – Apa yang membuat anda tergugah? Apa yang anda kejar? Apa yang memberikan kepuasan pada diri anda?
Apa yang anda inginkan dari hidup ini?
Pernahkah anda bertemu seseorang yang bahagia seutuhnya dengan apa yang dia dapatkan dari hidup? Seseorang yang merasa sangat terpenuhi sehingga mereka tidak menginginkan hal2 yang lebih?.Hal ini jarang ditemui, karena sebagian besar dari kita punya mimpi dan ambisi. Seringkali bentuknya adalah materi – kita berpikir dalam kerangka rumah yang lebih besar, uang yang lebih banyak, mobil yang lebih baik, liburan yang lebih banyak…tetapi kita merasa tidak bisa mendapatkannya karena kita tidak cukup beruntung.
Untuk mencapai tujuan-tujuan hidup kita berarti kita harus memecah cetakan yang ada sekarang. Ini memerlukan keberanian dan kegigihan. Apakah anda pernah mengenal seseorang yang membenci pekerjaannya, atau hidupnya, dan merasa ia bisa melakukan yang lebih baik, tetapi tetap di tempatnya karena mereka takut untuk berubah, takut akan resiko dan bahaya yang datang dari perubahan?
Kita dapat mengambil langkah ke depan untuk meraih ambisi kita dengan mengurai beberapa hal. Kita dapat mulai dengan:
ª Apa yang dapat memberi kepuasan lebih di hidup ini?
ª Apa yang dapat membuat hidup saya lebih berarti?
ª Apa yang dapat membuat saya mengakhiri setiap hari dengan merasa puas pada diri saya dan pada hal-hal yang telah saya raih?
ª Apa yang dapat membuat saya bisa memulai setiap hari baru dengan suatu tujuan?
Ketika kita menyerap informasi melalui kelima indera kita, kita lebih banyak menerima melalui apa yang kita lihat dibandingkan melalui media lain. Akhirnya, akan masuk akal bagi kita untuk memvisualisasikan keinginan kita.
Pikirkanlah sebuah kenangan yang menyenangkan – misalnya memenangkan perlombaan membawa telor dengan sendok, menerima hasil ujian dan mendapatkan bahwa anda telah melakukan yang lebih baik dari yang anda harapkan, sebuah ulang tahun yang istimewa, sebuah liburan yang menyenangkan - dan ingatlah bagaimana keadaan pada saat itu. Apa yang anda rasakan, yang anda dengar..apakah anda sudah tersenyum? Memvisualisasikan adalah seperti memainkan kaset video dalam memori kita dan membuat hal-hal ini terlihat nyata.
Gunakan teknik ini untuk melihat ke depan dan visualisasikan diri anda sesuai dengan apa yang anda harapkan dari diri anda. Gambarkan semuanya secara detil, lihatlah diri anda pada saat semua ambisi terwujud. Sekali anda dapat melakukan ini, anda punya kaset yang dapat dimainkan, dengan cara yang sama seperti anda memainkan kaset kenangan anda. Ini berguna setiap kali anda merasa membutuhkan alasan atau peringatan mengapa anda melakukan hal-hal yang sekarang anda lakukan.
Visualisasi juga berguna jika anda perlu santai. Kita semua mengalami stres ke tingkat yang lebih besar atau lebih kecil pada suatu waktu. Apakah anda menderita ketegangan sebelum ujian, sebelum interview, atau hanya pekerjaan lembur? Lain waktu jika ini terjadi, traktirlah diri anda dengan liburan selama dua menit – malah, mengapa tidak sekarang juga?
Pikirkan tempat di mana anda merasa nyaman, aman dan santai. Bisa sebuah taman, pantai, ruangan yang hangat oleh perapian dan musim dingin di luar jendela – di manapun yang sesuai untuk anda. Jika memungkinkan, ijinkan diri anda masuk ke tempat ini melalui ‘pintu’ yang membawa anda ke taman yang tersembunyi, misalnya. Berdirilah di tempat terbuka sambil menunggu rasa damai dan tenang yang akan anda alami, kemudian bukalah ‘pintu’ dan masuklah ke tempat istimewa anda. Rasakan suasana di sekitar anda, cium wangi bunga, atau udara yang asin, rasakan sinar matahari di muka anda. Apa yang dapat anda dengar? Apakah ada burung berkicau? Kayu berderik? Rasakan semuanya, ambillah ke dalam. Setelah beberapa menit, pergilah, tutuplah ‘pintu’ itu. Bagaimana perasaan anda sekarang?
Banyak orang masuk ke dalam ‘self-employment’ atas reaksi dorongan semata atau karena tidak ada alternatif lain. Mereka mengharapkan bisnis mereka akan memberi mereka gaya hidup yang sebenarnya tidak realistis. Anda mungkin akan mendapatkan semua kesempatan dan kemampuan, tetapi jika ini benar-benar bukan yang anda inginkan, tidak ada gunanya untuk dilanjutkan. Anda akan membutuhkan banyak tenaga untuk meluruskan masalah-masalah yang akan menghadapi anda.
Jika anda tahu persis apa yang anda inginkan, maka anda masih harus menempuh jalan yang panjang untuk mencapainya. Orang yang sukses sering berkata bahwa mereka mempunyai visi yang jelas dari apa yang mereka inginkan, dan mereka menyimpannya di pikiran mereka setiap waktu. Hal ini memberikan semangat dan arah yang mereka perlukan untuk mencapai yang mereka inginkan. Sebagai orang yang bekerja untuk diri sendiri anda memerlukan ‘iman’ seperti ini pula – karena bisnis bukanlah sekadar pekerjaan.
Tujuan-tujuan hidup
Pernahkah anda memikirkan tentang apa yang anda harapkan dari hidup ini? Bukan hanya esok, atau tahun depan, tetapi secara keseluruhan. Seperti mengerti tentang sifat-sifat diri sendiri. Ini sangat sulit untuk dijawab. Sering kita berkata, ‘saya tidak tahu, saya hanya menerima apa yang datang’. Kemampuan untuk mengukur apa yang anda kejar akan sangat membantu untuk merencanakan ke depan. Sulit namun layak untuk dilakukan. Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang besar, anda perlu mengurainya sedikit :
C Barang-barang: mobil besar, liburan ke luar negeri setiap tahun, rumah yang sangat besar, uang yang banyak….
C Kualitas: kemandirian, kesuksesan, perbuatan baik, kepuasan dalam pekerjaan….
C Penghargaan sosial, ketenaran, dan status…
Bagaimana jika anda membuat suatu daftar? Mungkin sulit untuk dilakukan (dan mungkin sedikit memalukan) tetapi hanya untuk anda pribadi, jadi mulailah. Seiring dengan waktu, daftar tersebut akan berubah, dan anda akan mendapatkan bahwa akan muncul gambaran yang lebih jelas. Apa yang paling penting untuk anda? Apakah memulai bisnis menjadi hal yang paling benar dilakukan agar anda mendapatkan hal-hal yang anda kejar? Jika anda berpikir untuk berbisnis dengan seorang partner, bagaimana harapan-harapan mereka dibandingkan dengan harapan anda? Apakah komitmen yang diberikan sama?
Kemampuan-kemampuan
Banyak orang takut bahwa mereka tidak memiliki kompetensi yang diperlukan – pengetahuan, ketrampilan, sikap – untuk memulai bisnisnya sendiri. Tapi setiap orang dapat melakukan sesuatu.
Jika anda sudah memiliki ide bisnis, pikirkan sebentar tentang pengetahuan yang anda miliki. Oke, anda perlu mendapatkan pengetahuan lebih tentang cara menjalankan bisnis ini, tapi pikirkan saja untuk saat ini, ketrampilan yang telah anda miliki - dari pengalaman terdahulu – seperti misalnya, kemampuan menjual, kemampuan memproduksi, kemampuan mendesain. Banyak di antaranya dapat dipelajari sejalan dengan berprogresnya bisnis anda, terutama jika anda menggunakan program yang sistematis untuk perkembangan diri anda.
Sikap anda terhadap ‘hidup, alam semesta dan semuanya’ mungkin adalah salah satu faktor terpenting dalam membuat keputusan, apakah perlu menindaklanjuti pilihan untuk memulai bisnis anda sendiri. Pikirkan sejenak sikap-sikap apa yang penting; kemudian bandingkan daftar anda dengan yang terlampir di bawah ini:
Sikap – Sikap
Berkeinginan
Memiliki banyak stamina
Pengampun
Memotivasi diri sendiri
Mampu bertahan
Asertif
Positif
Percaya diri
Antusias
Memiliki rasa humor
Optimis
Sabar
Dapat didekati
Pekerja keras
Mengerti keterbatasan diri sendiri
Sadar
Berkemauan keras
Gigih
Ambisius
Percaya pada diri sendiri
Menyadari pentingnya kualitas
Teratur
Fleksibel
Berkeyakinan
Berapa banyak dari sikap-sikap di atas yang anda miliki? Walau anda tidak memerlukan semua, anda mungkin dapat menemukan bahwa anda telah punya banyak tetapi sebelum ini tidak pernah merasa perlu untuk menunjukkannya.
KESIMPULAN
Dengan keberuntungan, anda tetap membaca sampai bagian ini. Jika memang demikian, anda tentu telah menentukan apakah memulai bisnis adalah hal yang tepat. Memasuki bisnis adalah kerja keras – tetapi bisa menjadi pelatihan untuk pekerjaan yang lebih berat yang diperlukan nantinya. Mudah-mudahan, anda mempunyai ide akan apa yang akan anda kerjakan. Jangan kuatir jika masih sedikit kabur/tidak jelas. Sejalan dengan riset pasar yang anda lakukan, anda akan menemukan banyak peluang untuk menajamkan ide anda dan untuk menemukan bidang di mana anda bisa sukses.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment